Senin, 20 Agustus 2018

Contoh Puisi Bali Anyar


Kumpulan Puisi dan Pantun - Puisi menurut wikipedia bahasa indonesia adalah salah satu bentuk karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat dengan irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait,dan penuh makna.

Puisi bisa menjadi media untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang, penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengutamakan kekuatan bahasa dengan stuktur fisik dan struktur batinya.
Puisi Lebih terfokus pada struktur bentuk, bunyi dan juga makna yang ingin disampaikan oleh pengarang yang mana makna sebagai bukti puisi baik jika terdapat makna mendalam dengan memadatkan segala unsur bahasa
Puisi merupakan seni dalam bentuk tulisan menggunakan bahasa sebagai kualitas estetiknya (keindahan). Puisi sendiri dibedakan menjadi dua yaitu puisi lama dan puisi baru, untuk lebih jelasnya langsung saja perhatikan contoh-contoh puisi dibawah ini:

Contoh puisi Bali anyar yang saya maksud disini adalah puisi daerah bali, penyair menulis puisi tersebut menggunakan bahasa daerahnya, dengan puisi ini juga bisa mewakili apa yang ingin penyair sampaikan kepada kalayak umum bisa dalam bentuk kritik atau apreseasi pada daerahnya. 

MELAJAH
“Melajah ngaenang I raga bisa
Melajah ngaenang I raga maguna
Melajah ngaenang I raga dueg
Melajah ngaenang I raga makatang cita-cita”
“Ulian melajah I raga nawang cen beneh cen pelih
Ulian melajah I raga nawang artin idupe
Sampunang engsap melajah
krana melajah ngaenang I raga maguna urip di gumine” 

Mungkin Yang anda Cari: 

Related Posts

Contoh Puisi Bali Anyar
4/ 5
Oleh