Contoh Puisi Baru Balada


Kumpulan Puisi dan Pantun - Puisi menurut wikipedia bahasa indonesia adalah salah satu bentuk karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat dengan irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait,dan penuh makna.

Puisi bisa menjadi media untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang, penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengutamakan kekuatan bahasa dengan stuktur fisik dan struktur batinya.
Puisi Lebih terfokus pada struktur bentuk, bunyi dan juga makna yang ingin disampaikan oleh pengarang yang mana makna sebagai bukti puisi baik jika terdapat makna mendalam dengan memadatkan segala unsur bahasa
Puisi merupakan seni dalam bentuk tulisan menggunakan bahasa sebagai kualitas estetiknya (keindahan). Puisi sendiri dibedakan menjadi dua yaitu puisi lama dan puisi baru, untuk lebih jelasnya langsung saja perhatikan contoh-contoh puisi dibawah ini:

Contoh Puisi saai ini sangat banyak sekali dari contoh puisi cinta yang romantis. Mulai dari contoh puisi cinta sedih, contoh puisi cinta dalam diam, contoh puisi cinta lucu, contoh puisi cinta islami, contoh puisi cinta pendek, contoh puisi cinta sejati, contoh puisi cinta tanah air, contoh puisi cinta lingkungan, contoh puisi cinta bertepuk sebelah tangan, contoh puisi cinta jarak jauh, conto puisi cinta muslimah, contoh puisi cina menyentuh hati, conto puisi cinta,kumpulan puisi pendek, contoh puisi cinta, contoh puisi bebas, contoh puisi sahabat, contoh puisi ibu, contoh puisi pendidikan, contoh puisi guru, kumpulan puisi kuno contoh puisi cinta terlarang, dll.


Seperti yang telah disinggung diatas puisi baru adalah salah satu bentuk evolusi dari puisi lama, jika puisi lama masih terikat dengan bait, suku kata dan sajak, puisi baru ini tidak berfokus mementingkan hal tersebut tapi lebih kepada keindahan bahasa dan suku kata yang digunakan. contoh puisi baru adalah seperti berikut:

Contoh Puisi Baru Balada

Secara garis besarnya puisi balada adalah puisi yang bersifat objektif, menggambarkan perilaku, watak seseorang, baik melalui dialog maupun monolog segingga dalam puisi ini mengandung suatu gambaran kisah tertentu. Contoh puisi balada baru seperti dibawah ini:

Orang-orang Tercinta
Kita bergantian menghirup masam
lemas dan Batuk terceruk
Marah dan terbaret-baret
Cinta yang membuat kita bertahan
dengan secuil redup harapan
Kita berjalan dengan terseok-seok
Mengira lelah akan hilang
di ujung terowongan yang cerah
Namun cinta tak membawa kita
memahami satu sama lain
Kadang kala kita merasa beruntung
Namun seharusnya kita merenung
Akankah kita sampai di altar
Dengan berlari terpatah-patah
Mengapa cinta tak mengajari kita
Untuk berhenti berpura-pura??
Kita tergerus dan meleleh
Serut-serut sinar matahari
Sementara kita telah lupa
rasanya mengalir bersama kehidupan
Melupakan hal-hal kecil
yang dulu sudah termaafkan
Mengapa kita saling menyembunyikan
Mengapa marah dengan keadaan??
Mengapa lari ketika ada sesuatu
membengkak jika dibiarkan??
Kita percaya pada cinta
Yang borok dan tak sederhana
Kita tertangkap, jatuh terperangkap
Dalam balada orang-orang tercinta


Mungkin Yang anda Cari: