Pengertian Teks Deskripsi Adalah - Ciri-ciri, Tujuan, Struktur, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Deskripsi

Via : Materismk.my.id

Pengertian Teks Deskripsi

Tes deskripsi adalah sebuah teks yang berisikan tentang gambaran secara detail dari sebuah objek, tempat atau peristiwa yang sedang dibahas.Tujuan dari teks deskripsi adalah mengajak pembaca untuk membayangkan dan merasakan secara tidak langsung topik yang dibahas pada teks deskripsi.

Ciri-ciri teks deskripsi

  1. Paragraf deskripsi menjelaskan atau menggambarkan sesuatu baik itu benda atau suasana.
  2. Paragraf yang ditulis sebisa mungkin dijelaskan secara detail dan rinci serta melibatkan unsur indra, seperti indra penglihatan, penciuman dan sebagainya.
  3. Pada saat membaca teks tersebut, pembaca seolah-olah bisa merasakan langsung apa yang digambarkan di dalam teks.
  4. Menggunakan bahasa yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Mengandung kata keterangan baik keterangan tempat, cara dan sebagainya untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu objek agar lebih jelas dan mudah dipahami, seperti di sekolah, di lapangan bola, di pantai dan lain-lain.
  6. Menggunakan metafora atau bahasa kiasan.
  7. Menjelaskan ciri-ciri fisik objek dengan terperinci, seperti bentuk, ukuran, warna, atau keadaan suatu objek yang ingin digambarkan.



Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks dekripsi berbeda dengan teks negosiasi, yang mana tujuan dari teks deskripsi sangat jelas yaitu agar orang yang membaca teks ini dapat seolah-olah merasakan apa yang sedang di jelaskan didalam teks tersebut. secara rinci tujuan Teks deskripsi yang dibuat oleh seorang penulis antara lain ialah sebagai berikut :
  1. Supaya orang yang membaca teks tersebut seolah-olah sedang merasakan apa yang sedang di jelaskan didalam teks tersebut.
  2. untuk dapat memberikan penjelasan kepada tiap-tiap pembaca mengenai/tentang suatu objek dengan secara utuh, hal ini dalam upaya agar mereka dapat dengan tepat dan cepat memahami tema yang disajikan didalam sebuah teks deskripsi.
  3. Teks deskripsi merupakan teks yang dibuat dari hasil dari sebuah pengamatan (observasi). Hal tersebutlah yang menyebabkan bahwa teks deskripsi mempunyai informasi yang jelas mengenai suatu benda atau juga objek sesuai dengan data serta fakta yang diperoleh oleh si penulis teks.
  4. Tiap-tiap akan memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan, serta juga pengalaman penulis sehingga akan terkesan seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan, dan juga mengalami sendiri tema/topic yang ada tersebut. Dalam mencapai kesan yang sempurna itu, penulis deskripsi akan merinci objek dengan kesan, fakta, serta juga citraan.

Struktur Teks Deskripsi

Untuk membuat teks deskripsi yang baik, penulis harus memperhatikan strukturnya. Berikut ini adalah struktur yang bisa dijadikan contoh dalam menulis teks deskripsi.
  •  Identifikasi

Pada bagian identifikasi penulis harus menentukan elemen-elemen yang akan dicantumkan dalam teks deskripsi tersebut sesuai dengan topiknya, pada tahap ini penulis mulai menentukan identitas dari seorang tokoh didalam teks tersebut, benda, peristiwa serta tempat  sebagai objek yang akan dideskripsikan.
  • Klasifikasi 

Pada bagian ini penulis mulai menentukan penyusunan kalimat dalam sebuah kelompok yang memiliki aturan dan sesuai dengan kaidah serta standar yang telah ditetapkan. Teks yang telah dibuat secara sistematis ini bertujuan untuk membuat penulis lebih gampang dalam menulis gagasan-gagasan yang ingin disampaikan oleh si penulis. 
  • Deskripsi

Pada bagian ini, penulis mulai membuat gambaran-gambaran atau bagian-bagian yang akan dibahas dalam teks tersebut. Dengan membuat sebuah pemaparan ini, objek dalam topik tersebut bisa dituliskan secara mudah sehingga gampang dipahami oleh pembaca.


JenisTeks Deskripsi

Seperti yang kita tahu, teks deskripsi memiliki cakupan yang luas. Oleh karena itu, teks deskripsi digolongkan menjadi tiga jenis yaitu :
  1. Teks deskripsi subjektif, merupakan teks deskripsi yang mengambil topik berdasarkan kesan atau penilaian dari penulis teks tersebut.
  2. Teks deskripsi spastal, yaitu teks deskripsi yang menggambarkan sebuah lokasi atau ruang.
  3. Teks deskripsi objektif, teks deskripsi yang menggambarkan keaadan dari sebuah objek tanpa menambahkan penilaian dari penulis teks.

Struktur Teks Deskripsi

  1. Identifikasi/Penyataan Umum: berisi gambaran umum sebuah objek.
  2. Deskripsi Bagian: berisi gambaran lebih lanjut dari deskripsi umum secara jelas dan terperinci untuk memberikan efek emosional pada pembaca sehingga apa yang digambarkan dalam teks seolah-olah bisa dilihat, didengar, maupun dirasakan sendiri oleh pembaca.
  3. Penutup/Kesan

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut merupakan kaidah kebahasaan mengenai teks deskripsi antara lain sebagai berikut :
  1. Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan. Seperti: Rumah sakit, rumah, Mobilku, dll.
  2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau ialah seorang Kepala Lab yang baik hati, dll.
  3. Mengandung kata sifat yang Sifatnya itu menggambarkan sesuatu. Seperti: Dua siswa rajin, Tiga kaos kaki putih, dll.
  4. Mengandung kata kerja Transitif untuk dapat memberikan informasi subjek. Seperti: Siswi itu mengenakan seragam Coklat, dll.
  5. Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan ialah mengungkapkan sebuah pandangan pribadi si penulis mengenai/tentang sebuah subjek. Seperti: saya pikir itu adalah Ayam cerdas, saya yakin Baju itu murah, dll.
  6. Mengandung kata keterangan dalam memberikan sebuah informasi tambahan mengenai suatu objek. Seperti: dengan cepat atau lambat, di kopi shop, di rumah sakit, dll.
  7. Mengandung bahasa kiasan berupakan sebuah perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya putih bersih seperti kapas putih, dll.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Deskripsi

  1. Menentukan atau memilih objek.
  2. Menentukan tujuan teks.
  3. Mengumpulkan data serta menentukan rincian yang mencakup struktur teks.
  4. Membuat kerangka tulisan kemudian mengembangkan kerangka tulisan.


Contoh Teks Deskripsi

Gunung Merbabu 
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung. Ada beberapa gunung berapi yang masih aktif seperti Gunung Merapi dan Gunung Semeru. Ada juga gunung-gunung yang sudah tidak aktif. Salah satunya adalah Gunung Merbabu. 
Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini cukup populer di kalangan pendaki. Untuk mendaki gunung berketinggian 3142 MDPL ini, pendaki dapat melewati jalur Selo, Wekas, dan beberapa jalur lain. Pada hari libur, gunung ini biasanya akan ramai dikunjungi oleh para pendaki. Jalurnya yang tidak terlalu curam serta pemandangannya yang indah menjadi alasan bagi para pendaki untuk menjadikannya sebagai destinasi pendakian.




Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Teks Deskripsi Adalah - Ciri-ciri, Tujuan, Struktur, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Deskripsi. Semoga Bermanfaat


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Teks Deskripsi
  • sebutkan ciri-ciri teks deskripsi
  • jenis teks deskripsi
  • struktur teks deskripsi adalah
  • contoh teks deskripsi
  • tujuan teks deskripsi
  • tuliskan ciri-ciri teks deskripsi
  • jelaskan ciri-ciri umum dari teks deskripsi
  • kaidah kebahasaan teks deskripsi
  • Materi SMK 
  • Materi Perhotelan