Pengertian Argumentasi Adalah Menurut Para Ahli, Ciri-ciri, Struktur teks, Tujuan dan Contoh Paragraf Argumentasi

Via : Materismk.my.id
Istilah “argumentasi” berasal dari Bahasa Inggris “argumentation” yang berarti uraian, pembuktian, atau dalil. Sehingga argumentasi bisa juga didefinisikan sebagai suatu usaha untuk meyakinkan orang lain dengan menyampaikan pendapat, pernyataan, sikap yang didukung fakta yang benar.
Secara umum, pengertian argumentasi (argumentation) adalah suatu tindakan atau proses penalaran secara sistematis untuk mendukung ide, tindakan, atau teori, dengan tujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi orang lain.Argumentasi juga diartikan sebagai alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan, dengan tujuan untuk membujuk atau meyakinkan orang lain. Dalam penyampaian argumentasi umumnya disertai dengan penjelasan, bukti, alasan, serta ulasan objektif disertai contoh, analogi, dan sebab-akibat.

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu argumentasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf (1997:99), arti argumentasi adalah suatu retorika yang berupaya untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka percaya dan bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan penulis atau pembicara. Melalui argumentasi seseorang berusaha merangkai fakta-fakta sedemikian rupa, sehingga ia mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak.

2. Aceng Hasani

Menurut Aceng Hasani (2005:43), pengertian argumentasi adalah suatu karangan yang mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan menghadirkan bukti-bukti yang memperkuat argumen dimana penyajiannya dilakukan secara logis dan faktual dengan tujuan pembaca atau pendengar tertarik dengan yang dikemukakan oleh penuli

3. Adeng Chaedar Alwasilah

Menurut Adeng Chaedar Alwasilah (2005:116), pengertian argumentasi adalah suatu esai yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian argumentasi adalah alasan yang dipakai untuk mendukung atau menolak suatu gagasan dan pendapat orang lain dengan disertai alasan yang rasional dan objektif.


Ciri-ciri pokok kalimat Argumentasi

Untuk memahami dan mengetahui bahwa suatu kalimat termasuk ke dalam kalimat argumentasi atau bukan adalah dengan memperhatikan beberapa ciri-ciri pokok kalimat argumentasi. Tidak semua kalimat yang merujuk pada kalimat sanggahan termasuk ke dalam kalimat argumentasi. Memang antara ketika menyanggah sesuatu dengan memberikan argumentasi tidak berbeda jauh. Namun ada satu perbedan paling mencolok antara kedua kalimat tersebut yaitu alasan yang objektif.
  • Berisikan ide-ide, gagasan, pandangan, point of view, atau pendapat seseorang mengenai suatu masalah.
  • Berisikan data-data valid, resmi, fakta faktual, objektif, atau hasil riset seorang ilmuan guna memperkuat argumen yang diutarakan sehingga pembaca meras yakin dengan argument tersebut.
  • Merumuskan sebuah permasalahan dengan cara kritis, analisis, logis, dan analog.
  • Ditutup dengan pembahasan secara universal atau sebuah kesimpulan menyeluruh mengenai suatu permasalahan dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.


Struktur teks Argumentasi

Komposisi penulisan kalimat argumentasi tidak ditulis sembarang begitu saja. Secara umum ada 3 urutan struktur teks dalam menulis atau mengungkapkan kalimat argumentasi. Urutan inipun tidak boleh dibolak-balik atau diacak karena apabila hal tersebut dilakukan, maka akan membuat isi teks menjadi susah dipahami dan tidak mengalir. Tentu saja keadaan tersebut juga membingungkan dan menimbulkan salah pengertian pada para pembaca.
  • Pendahuluan, bagian pendahuluan berisi latar belakang masalah atau pengenalan masalah. Kalimat yang digunakanpun cukup menarik dengan menggunakan gaya bahasa sedemikian rupa sehingga akan menarik perhatian si pembaca karena
  • Isi atau badan kalimat argumantasi, bagian ini berisi pendapat, ide, point of view, dan gagasan, yang disertai dengan fakta yang menguatkan sekaligus membuktikan gagasan tersebut benar adanya.
  • Penutup yang terdiri dari kesimpulan akhir, berisi kesimpulan yang logis dan dapat diterima oleh nalar si pembaca.

Tujuan Argumentasi

Argumen yakni dapat diajukan karena dengan adanya sebuah tujuan tertentu harus dicapai. Beberapa tujuan dari alasan umum tercantum di bawah ini:

a. Mengemukakan Pendapat

Tujuan paling umum dari argumen ini adalah untuk mengekspresikan pendapat Anda kepada orang lain. Jika Anda menyatakan pendapat, Anda dapat mendukung atau menolak terhadap pendapat orang lain.

b. Mengupayakan Pemecahan Masalah

Penalaran yakni memiliki tujuan sebagai menemukan dalam sebuah pemecahan atau solusi untuk memecahkan suatu masalah. Dalam hal ini, masalah biasanya muncul dan kemudian pendapat dan saran dari berbagai pihak diperlukan.

c. Mempengaruhi Orang Lain

Secara umum, orang yang dapat mengemukakan argumen untuk memengaruhi terhadao orang lain sampai sebuah gagasan dan pendapat mereka yakni dapat diterima atau dijalankan. Namun ada pendapat yang hanya berfungsi sebagai menyampaikan sebuah pandangan, bukan sebagai memengaruhinya.

d. Mendiskusikan Suatu Permasalahan

Mirip dengan poin sebelumnya, argumen yakni mempunyai sebuah tujuan sebagai membahas masalah tanpa harus mencapai titik tersebut. Yang mengatakan, adanya sebuah masalah yang sedang dibahas, akan tetapi tidak harus sampai pada titik yang benar karena perbedaan pendapat sama kuatnya.


Contoh Paragraf Argumentasi

  1. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan I

Pendidikan di Negara Indonesia dewasa ini masih cukup jauh dengan pendidikan yang berada di Negara-Negara yang lain yang ada di dunia.Bahkan Negara Indonesia sendiri masih kalah dengan Negara Jiran kita, yaitu adalah Negara Malaysia dan Negara Singapura dalam bidang pendidikan.Hal ini dapat disaksikan dari banyaknya penduduk mereka yang sudah memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sedangkan di Negara Indonesia, jumlah penduduknya yang mendapatkan pendidikan saja masih jauh tertinggal dengan Negara yang lain, apalagi di daerah-daerah yang tertinggal seperti NTT, NTB, Papua dan masih banyak lagi di daerah lainnya.Ketertinggalan pendidikan di daerah-daerahnya disebabkan karena kurang meratanya pendidikan yang ada di Negara Indonesia. Pemerintah hanya membangun fasilitas pendidikan di daerah perkotaan yang khususnya di Pulau Jawa.
Tidak hanya itu, terbatasanya jumlah guru yang ada di daerah tersebut juga ikut menciptakan semakin jauh ases pendidikannya yang ada di daerahnya. Akhirnya, pendidikan yang ada di Indonesia tidak merata serta cenderung tertinggal, sehingga belum bisa untuk bersaing dengan Negara lain yang ada di dunia.
  1. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan II

Sekolah SMAN 2 Sidoarjo dinobatkan sebagai sekolah terbaik yang ada di Negara Indonesia. Banyak siswa yang berprestasi yang dicetak oleh sekolah tersebut.Hal ini terbukti dengan adanya juara-juara Olimpiade yang bermuara dari sekolah tersebut. Lebih dari itu, prestasi yang lain juga membanggakan selain di bidang akademiknya, ada juga di bidang yang lain juga yang menunjukkan prestasi antara lain kesenian dan olahraga.Tahun lalu sekolah ini mengirim 20 atlet yang mewakili Negara Indonesia dalam lomba kejuaraan Sea Games. Paduan suara sekolah ini sudah ikut berpartisipasi dalam kontes paduan suara tingkatan Internasional yang ada di Barcelona, Negara Spanyol.
Prestasi yang cukup membanggakan tersebut tidak terjadi begitu saja, akan tetapi semua itu karena kerja keras dan litahan terus menerus, kerja keras dewan guru dan juga pihak komite sekolah yang selalu berkomitmen untuk dapat menghasilkan anak didiknya dengan lulusan yang unggulan.
  1. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan

Musim kemarau pada tahun ini adalah kemarau yang terparah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Hujan tidak turun selama 6 bulan mengakibatkan tanah dan sumber airnya menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini hujan akan diprediksi akan trurun pada bulan depan.Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan bahwa musim kemarau tahun ini bukanlah musim kemarau yang biasa, dikarenakan terjadi selama 7 bulan. Sedangkan menurut data yang sudah disampaikan oleh BMKG tahun yang lau, kemarau hanya terjadi selama 5 bulan saja.


Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Argumentasi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Argumentasi
  • pengertian argumentasi menurut para ahli
  • contoh argumentasi
  • pengertian argumentasi dan contohnya
  • struktur teks argumentasi
  • pengertian argumentasi pdf
  • pengertian wacana argumentasi
  • kata argumentatif
  • paragraf argumentasi adalah
  • Materi SMK