Jumat, 01 Februari 2019

40+ Pantun Nasehat Dan Maknanya Terlengkap

Contoh Pantun – Menurut bahasa jawa kuno kata pantun berarti tuntun-atuntun yang ketika diterjemahkan dalam bahasa indonesia berarti aturan. Dapat disimpulkan bahwa kata pantun mempunyai makna yang mengatur setiap pembacanya untuk memahami nasehat dan makna yang terdapat dalam kandungan isi pantun tersebut.
Pantun adalah naskah fiksi atau puisi lama yang terdiri dari empat baris, baris pertama dan kedua sebagai sampiran sedangkan baris ketiga dan keempat adalah isi. Pantun biasanya mempunyai makna tertentu yang terkandung dalam isi yaitu baris ketiga dan keempat. Isi pantun bisa mengandung nasehat, jenaka, maupun cinta.


 Keberadaan sebuah pantun  sebagai karya seni yang kreatif nan menghibur masih senantiasa eksis hingga pas ini. Karena kecuali dipikirkan, siapa yang tidak senang bersama hiburan? Ya, tentu saja barang siapa perlu sebuah hiburan untuk isikan hari-harinya.

Terlebih lagi kecuali jiwa Anda kreatif, menulis sebuah pantun barangkali sanggup dijadikan sebagai fasilitas bagi Anda untuk menuangkan isikan kreativitas otak Anda. Sebenarnya seluruh pantun, baik itu yang bercerita tentang pantun agama, nasihat, jenaka, atau tema lainnya

Dapat berguna untuk pembacanya, tidak cuman kata-kata yang begitu unik terangkai, terhitung terselip nasihat bijak atau ungkapan cerita lucu yang bermakna. Dimana setiap kata-kata pada pantun jenakan sanggup menghibur, orang yang mendengar pantun tersebut
Sekedar Info yang barangkali sanggup berguna bagi Anda, perlu Anda ketahui bahwa pantun dan syair itu sesungguhnya sangatlah berbeda, cuma selama ini kita melihat antara pantun dan syair punya banyak kemiripan. Lalu, apa sajakah perbedaan satu diantara dua karya sastra tersebut?

Ciri-ciri Pantun :

  • Terdiri atas 4 baris.
  • Jumlah kata dalam setiap baris sebanyak 8 hingga 12 suku kata.
  • Baris pertama dan kedua disebut bersama sampiran.
  • Baris ketiga dan terhitung keempat disebut bersama isi.
  • Memiliki pola sajak A-B-A-B.

Ciri-ciri Syair Pentun :

  • Terdiri berasal dari 4 larik dalam setiap baitnya.
  • Setiap bait memberi tambahan makna sebagai sebuah satu kesatuan.
  • Semua baris dalam syair adalah isi, menjadi dalam syair tidak tersedia sampiran.
  • Mempunyai pola A-A-A.
  • Jumlah suku kata dalam tiap baris syair adalah 8 hingga bersama 12 suku kata.
  • Isi syair berbentuk nasihat, petuah, dongeng ataupun cerita.
  • Kumpulan Pantun lucu dan jenaka dan juga humor ini kita dapatkan berasal dari berbagai referensi di internet. Jika Anda pernah membacanya di buku atau majalah tetapi kebanyakan sering lupa dan menghendaki membacanya lagi sebab punya unsur seni yang tinggi dan tentu saja menghibur.


Contoh Pantun Nasehat

Dapat berguna untuk pembacanya, tidak cuman kata-kata yang begitu unik terangkai, terhitung terselip nasihat bijak atau ungkapan cerita lucu yang bermakna. Dimana setiap kata-kata pada pantun jenakan sanggup menghibur, orang yang mendengar pantun tersebut

Sekedar Info yang barangkali sanggup berguna bagi Anda, Pantun nasehat adalah pantun yang isinya mengandung nasehat agama, moral,danlainnyadengantujuanmendidik pembaca agar menerapkan nasehat tersebut. Pantun nasehat bersifat membujuk, memberi arahan, dan memberi petunjuk kepada pembacannya.

Berikut ini adalah contoh pantu nasehat yang bagus. Mulai dari contoh pantun nasehat orang tua, contoh pantun nasehat agama, contoh pantun nasehat anak, contoh pantun nasehat belajar, dan contoh pantun nasehat dan maknanya.


Baca Juga:

20+ Contoh Pantun Nasehat Terbaik Saat Ini



Contoh Pantun Nasehat Terlengkap

Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya engkau tidak ketinggalan
Penjelasan Maknanya : Kita dituntut untuk menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh agar kita tidak tertinggal dengan teman yang lainnya, Menuntut ilmu sangat penting sekali untuk menyongsong masa depan.

Contoh Pantun Nasehat Kebaikan

Pinang muda dibelah dua
Anak burung mati diranggah
Dari muda sampai ke tua
Ajaran baik jangan diubah
Penjelasan Maknanya : Pantun diatas menunjukkan bahwa apabila kalian mendapatkan pengajaran yang baik dan sesuai dengan norma keagamaan dan lingkungan maka jangan diabaikan.
Mengabaikan perkara yang baik akan menjerumuskan kita pada perkara yang buruk, ingat kita sebagai manusia harus mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.

Contoh Pantun Nasehat Ilmu Yang Bermanfaat

Tumbuh merata pohon tebu
Pergi ke pasar membeli daging
Banyak harta miskin ilmu
Bagai rumah tidak berdinding
Penjelasan Maknanya : Pantun yang satu hampir mirip dengan pantun diatasnya dalam segi ilmu, pantun ini menjelaskan bahwa seberapapun harta yang kita miliki tidak akan kita bawa mati.
Namun jika kita memiliki Ilmu yang bermanfaat untuk orang lain maka ilmu itu akan kita bawa sampai mati, dan selalu akan mendapatkan kiriman kebaikan dari orang yang mengamalkan apa yang kita bagikan kepada mereka.

Contoh Pantun Nasehat Kemanusiaan

Hati-hati menyeberang
Jangan sampai titian patah
Hati-hati di rantau orang
Jangan sampai berbuat salah
Pengertian Maknanya : Setiap manusia pasti mempunyai apa yang dinamakan salah, karena hakikatnya manusia memang tempatnya salah.
Dalam pantun diatas menjalaskan bahwa kita harus berusaha menahan amarah dan selalu bersabar, karena jika cepat marah kita akan menyakiti seseorang, maka jagalah kesabaran itu, sabar adalah emas.

Contoh Pantun Nasehat Pentingnya Ilmu Pengetahuan

Kalau harimau sedang mengaum
Bunyinya sangat berirama
Kalau ada ulangan umum
Marilah kita belajar bersama
Pengertian maknanya : Tuntutlah ilmu dari mulai awal sampai akhir agar ilmu yang kamu dapatkan bisa sempurna, sehingga pada saat ada ulangan umum atau ulangan nasional kamu bisa menjawab semua soal ujian dengan benar.

Contoh Pantun Nasehat Agama

Bunga mawar bunga melati
Kala dicium harum baunya
Banyak cara sembuhkan hati
Baca Al-Quran paham maknanya
Maknanya : Pantun diatas menyiratkan isi dan pesan bahwa jika kita membaca Al-Qur’an dan faham maknanya maka akan menjadi pengobat hari, seperti hanya bunga mawar dan melati sebagai pengobat hati untuk yang patah hati hehehehe.

Contoh Pantun Nasehat Tentang Kepercayaan

Jalan kelam disangka terang
Hati kelam disangka suci
Akal pendek banyak dipandang
Janganlah hati kita dikunci
Penjelasannya Adalah : Kita hidup didunia sangat tergantung dengan orang lain, namun jangan mudah percaya kepada orang lain sebelum melihat buktinya.
Seperti sekarang ini banyak sekali teman makan teman, jangan cepat percaya dengan sesorang atau berita yang belum jelas keasliannya (Hoax)

Contoh Pantun Nasehat Balas Budi

Ada ubi ada talas
Ada budi ada balas
Sebab pulut santan binasa
Sebab mulut badan merana
Maknanya Adalah : Jika kalian di tolong oleh orang lain maka jangan enggan untuk membalasnya, karena kita manusia pasti akan membutuhkan pertolongan orang lain.
Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu butuh akan pertolongan orang lain, balaslah kebaikan dengan kebaikan, balaslah keburukan dengan kebaikan.

Contoh Pantun Nasehat Tentang Menuntut Ilmu

berakit rakit ke hulu
berenang renang ke tepian
bersakit sakit dahulu
bersenang-senang kemudian
Artinya adalah : Jika kita ingin sukses dalam segi apapun maka bersusah-susah dahulu, berpayah-payah dahulu untuk menggapai impianmu.
Maka setelah kalian mendapatkan apa yang kalian mimpikan kemudian kalian bisa bersenang-senang, namun jangan sampai kebablasan terlalu senang akan prestasi juga akan mengakibatkan kerusakan dalam berfikir.
Bersenang-senang boleh saja namun perlu dibatasi sesuai dengan kebutuhan, baik itu materi, kebutuhan dan yang lainnya.

Contoh Pantun Nasehat Tentang Tolong Menolong

Wahai ananda kuntum pilihan
Syarak dan sunnah jangan abaikan
Berbuat baik janganlah segan
Supaya engkau dirahmati Tuhan
Makna yang terkandung adalah : Berbuat baiklah maka kamu akan disayang Tuhan, dengan kita berbuat baik, menolong sesama maka kita akan dimudahkan dalam segala hal oleh Tuhan.
Berbuat baik akan mendatangkan Rahmat, Rahmat adalah kasih sayang yang Tuhan berikan kepada kita.
Sebagai contoh pada saat kita ditolong oleh orang lain untuk menyelesaikan urusan atau masalah, nah itulah bentuk Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa yang diberikan kepada kita.

Contoh Pantun Nasehat Mengenai Rajin Belajar

Jika angin berputar-putar
Layang-layang tak terkejar
Jika adik ingin pintar
Rajin-rajilah belajar
Penjelasannya Yaitu : Seperti pantun diatasnya, pantun ini juga menjelaskan bahwa jika kita ingin pintar maka rajin-rajinlah untuk belajar, jangan malas belajar agar kamu pintar.
Jangan lelah untuk belajar, jika kalian menyepelekan belajar maka bersiap-siaplah menelan kepahitan kebodohan dimasa mendatang.
Akhir kata terimakasih sudah membaca ulasan mengenai Contoh Kumpulan Pantun Nasihat Beserta Maknanya, Penjelasan Pantun Nasihat, Contoh Pantun Nasihat dan maknanya, Makna Pantun Nasihat yang telah saya terangkan dengan jelas diatas.
Jika ada kekurangan maka saya sebagai manusia biasa mempunyai banyak salah dan mohon di maafkan, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua.
Dan jangan lupa untuk share ke semua media sosial yang kamu miliki jika menurut kalian artikel diatas bermanfaat, buat satu kebaikan maka akan diberikan 100 kali pahala kebaikan, yuk budayakan berbagi kebaikan agar kita mendapatkan hikmahnya.

Related Posts

40+ Pantun Nasehat Dan Maknanya Terlengkap
4/ 5
Oleh