Sabtu, 02 Februari 2019

10 Contoh Pantun Nasehat Anak Terbaru

Contoh Pantun – Menurut bahasa jawa kuno kata pantun berarti tuntun-atuntun yang ketika diterjemahkan dalam bahasa indonesia berarti aturan. Dapat disimpulkan bahwa kata pantun mempunyai makna yang mengatur setiap pembacanya untuk memahami nasehat dan makna yang terdapat dalam kandungan isi pantun tersebut.
Pantun adalah naskah fiksi atau puisi lama yang terdiri dari empat baris, baris pertama dan kedua sebagai sampiran sedangkan baris ketiga dan keempat adalah isi. Pantun biasanya mempunyai makna tertentu yang terkandung dalam isi yaitu baris ketiga dan keempat. Isi pantun bisa mengandung nasehat, jenaka, maupun cinta.


Kumpulan Contoh pantun nasehat – Pantun adalah sebuah puisi lama yang memiliki arti sangat luas, dan sangat dikenal dalam sebuah karya sastra yang tergolong dalam jenis puisi lama. Biasanya pantun terdiri dari empat empat baris. Dalam setiap baris memiliki memiliki 8 sampai 12 suku kata.
Dalam pembuatan pantun harus menggunakan pola sajak pantun a-b-a-b dan a-a-a-a, tidak boleh membuat pantun dengan sajak a-a-b-b atau a-b-b-a. Pada asal mulanya pantun adalah sebuah contoh karya sastra lisan, namun pada sekarang ini bisa kita jumpai dengan pantun yang tertulis.
Ciri-ciri pantun adalah pantun tidak memiliki nama penulis atau nama pengarang, hal ini dikarenakan pada proses penyebaran pantun, disebarkan hanya melalui lisan. Mulai dari jaman dahulu hingga pada sekarang ini. Sehingga pantun tidak memiliki sebuah sumber karya pengarang.




 Keberadaan sebuah pantun  sebagai karya seni yang kreatif nan menghibur masih senantiasa eksis hingga pas ini. Karena kecuali dipikirkan, siapa yang tidak senang bersama hiburan? Ya, tentu saja barang siapa perlu sebuah hiburan untuk isikan hari-harinya.

Terlebih lagi kecuali jiwa Anda kreatif, menulis sebuah pantun barangkali sanggup dijadikan sebagai fasilitas bagi Anda untuk menuangkan isikan kreativitas otak Anda. Sebenarnya seluruh pantun, baik itu yang bercerita tentang pantun agama, nasihat, jenaka, atau tema lainnya

Dapat berguna untuk pembacanya, tidak cuman kata-kata yang begitu unik terangkai, terhitung terselip nasihat bijak atau ungkapan cerita lucu yang bermakna. Dimana setiap kata-kata pada pantun jenakan sanggup menghibur, orang yang mendengar pantun tersebut
Sekedar Info yang barangkali sanggup berguna bagi Anda, perlu Anda ketahui bahwa pantun dan syair itu sesungguhnya sangatlah berbeda, cuma selama ini kita melihat antara pantun dan syair punya banyak kemiripan. Lalu, apa sajakah perbedaan satu diantara dua karya sastra tersebut?

Ciri-ciri Pantun :

  • Terdiri atas 4 baris.
  • Jumlah kata dalam setiap baris sebanyak 8 hingga 12 suku kata.
  • Baris pertama dan kedua disebut bersama sampiran.
  • Baris ketiga dan terhitung keempat disebut bersama isi.
  • Memiliki pola sajak A-B-A-B.

Ciri-ciri Syair Pentun :

  • Terdiri berasal dari 4 larik dalam setiap baitnya.
  • Setiap bait memberi tambahan makna sebagai sebuah satu kesatuan.
  • Semua baris dalam syair adalah isi, menjadi dalam syair tidak tersedia sampiran.
  • Mempunyai pola A-A-A.
  • Jumlah suku kata dalam tiap baris syair adalah 8 hingga bersama 12 suku kata.
  • Isi syair berbentuk nasihat, petuah, dongeng ataupun cerita.
  • Kumpulan Pantun lucu dan jenaka dan juga humor ini kita dapatkan berasal dari berbagai referensi di internet. Jika Anda pernah membacanya di buku atau majalah tetapi kebanyakan sering lupa dan menghendaki membacanya lagi sebab punya unsur seni yang tinggi dan tentu saja menghibur.


Contoh Pantun Nasehat

Pantun nasehat untuk anak yang masih sekolah SD, SMP, SMA sederajat, yang sedang mencari ilmu dan ingin membangkitkan semangat belajar anak, dan juga bagi anda yang mencari sesuatu imbuhan bersifat pantun jenaka. Supaya tidak merasa bosan serta mampu mengobarkan semangat anda kembali.

Anda bisa mencari kata mutiara yang indah sebagai penyemangat motivasi raga ini, yang berisi tentang nasehat yang tulus dalam berbagi sesuatu. Karena pantun nasehat anak memang sangat diperlukan, dalam melatih mental bagi anak dalam bergaul kepada teman sehari-hari.

Seandainya suatu saat anak kehilangan semangat untuk belajar, mungkin anak bisa mengingat nasehat yang kita berikan melalui pantun nasehat anak ini. Yang kita beritahukan kepadanya, Denagan harapan ketika semangat anak mulai redup, dapat kembali lagi bercahaya setelah mengingat pantun nasehat.

Baca Juga:

Kumpulan Pantun Lucu Terbaru  Lengkap




Contoh Pantun Nasehat Anak

Angan yang bermanja jangan
Pak jajat hinggap meringgit
Hanya serta ilmu dan iman
Nilai dirimu akan tinggi

Anak ikan berbisik-bisik
Lampu kecil kurang cahaya
Kerjakan nasehat yang baik
Biar hidupnu kelak bahagia

Selama raga jangan terbelah
Setiap hari selalu semangat
Luruskan niat tanpa tersalah
Ilmu dicari bagi akhirat

Mancing ikan ikut berombongan
Siang hari walau menanti
Ilmu bukan supaya kesombongan
Dipelajari biar rendah hati

Kolam yang penuh ikan sepat
Untuk dimasak nikmat daun talas
Jika ingin dapat ilmu manfaat
Cari guru penuh tulus ikhlas

Layang-layang serta panjang ekornya
Terbang tinggi juga panjang talinya
Siapa yang selalu ingin bahagia
Maka ilmu raihlah ada padanya

Jangan tertipu dunia semu
Tinggal di dunia hanya sepagi
Jika kamu insan berilmu
Harga tinggimu pasti meninggi

Sepah tebu terasa hambar
Bila dibakar nanti berkobar
Jika dirimu terus bersabar
Ilmu pasti akan terasa lebar

Pantai nersing dikuala johor
Pantai indah sangat mansyur
Pohonkan lihat kita bersyukur
Semangat ini pantang mundur

Related Posts

10 Contoh Pantun Nasehat Anak Terbaru
4/ 5
Oleh