15 Contoh Puisi Wing Karjo Puisi Pilihan | Puisi Terbaik
Puisi adalah suatu bentuk dalam karya sastra yang berasal dari hasil
suatu perasaan yang di ungkapankan oleh penyair dengan bahasa yang
menggunakan irama, rima, matra, bait dan penyusunan lirik yang berisi
makna.Di dalam puisi juga berisi suatu ungkapan perasaan dan pikiran dari
penyair yang menggunakan imajinasinya. Kemudian ia berkonsentrasi untuk
menyusun puisi dengan kekuatan bahasa, bai secara fisik maupun batin.
Sebuah puisi biasanya mengutamakan akan bunyi, bentuk serta makna
yang terkandung untuk disampaikan. Keindahan pada puisi menjadi kualitas
estetika yang begitu indah.
Hal-hal membaca puisi
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi sebagai berikut:- Ketepatan ekspresi/mimik
- Kinesik yaitu gerak anggota tubuh.
- Kejelasan artikulasi
- Timbre yaitu warna bunyi suara (bawaan) yang dimilikinya.
- Dinamik artinya keras lembut, tinggi rendahnya suara.
- Intonasi atau lagu suara.
- Tekanan dinamik yaitu tekanan pada kata-kata yang dianggap penting.
- Tekanan nada yaitu tekanan tinggi rendahnya suara. Misalnya suara tinggi menggambarkan keriangan, marah, takjub, dan sebagainya. Suara rendah mengungkapkan kesedihan, pasrah, ragu, putus asa, dan sebagainya.
- Tekanan tempo yaitu cepat lambat pengucapan suku kata atau kata.
Contoh Puisinya
Wing Karjo dan Contoh Puisinya - Wing Kardjo
atau banyak juga yang menulis Wing Karjo adalah penyair yang dilahirkan
di Garut pada tanggal 23 April 1937 dan meninggal dunia di Jepang pada
19 Maret 2002. WIng Kardjo menempuh pendidikan dasarnya di SD dan SMP
Negeri Tasikmalaya, SMA Katolik Garut, B-1 Bahasa Prancis, Jakarta
(1959). Sambil jadi guru di SMA Kanisius Jakarta, hendak melanjutkan
kuliah di UI, tetapi jadi korban pemukulan dalam perpeloncoan hingga
terpaksa masuk RSUP bagian syaraf.
Setelah sembuh pindah ke Ciamis,
mengajar di SMA Negeri, lalu pindah ke Unpad, menjadi asisten dosen
sebelum dikirim ke Paris akhir tahun 1962, untuk memperdalam Bahasa
Francis di Institut des Professeurs de Francais a Etranger, Sorbonne, Universite de Paris, dan berhasil mendapatkan beberapa certificat dan Diplome de Litterature Francaise Contemporaine.
Setelah masa beasiswa habis, pada tahun 1965, ia tidak segera pulang
ke tanah air, tetapi terus kuliah sambil bekerja sambilan dan baru
pulang pada awal tahun 1968, dan kembali ke almamaternya, Unpad. Pernah
mengajar di Seskoad dan Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta. la baru
resmi menjadi sarjana sastra dengan skripsinya "Les Problemes pratiques de la traduction poetique" tahun 1973.
Karya-karyanya yang sudah diterbitkan hanya sedikit, antara lain Sajak-sajak Perancis Modern dalam Dua Bahasa (Pustaka Jaya, 1972), Selembar Daun (Pustaka Jaya,1974), Perumahan (Budaja Djaja, 1975), dan Pangeran Kecil/ Antoine St. Exupery (Pustaka Jaya, 1979), Fragmen Malam (Pustaka Jaya, 1975) dan Pohon Hayat: Sejemput Haiku (Forum Sastra Bandung, Mei 2002. Selain itu menulis pula sejumlah esai, dan novel pendek, semi biografi, terbit dengan judul Topeng.
Yang Jauh
Seolah hidup harus hidup
kau yang jauh, makin jauh
saja, seakan hanya bayang-
bayang di bawah pohon teduh
kau yang jauh, makin jauh
saja, seakan hanya bayang-
bayang di bawah pohon teduh
Kau hilang dari pemandangan
tapi pula tak mati seperti mimpi.
Adakah yang kautunggu selalu
meskipun hari-hari terus berlalu?
tapi pula tak mati seperti mimpi.
Adakah yang kautunggu selalu
meskipun hari-hari terus berlalu?
Mungkin petang dan bayang-
bayang musim panas makin
panjang, makin cemas
bayang musim panas makin
panjang, makin cemas
daun-daun menguning mendekati
musim gugur. Hari makin pendek
saja. Nanti, nantikanlah!
7-7-7 itu saja tiap malam yang kuharapkan turun 7-7-7
itu saja doaku pada tuhan. Gambar-gambar berputar,
bar-bar-bar tak mau keluar. Bintang- bintang juga tak
mau herhenti beredar dalam garis horisontal/diagonal.
Selalu kureguk sinar matamu,
keyakinan menghargai hari
Tak sangka helai demi
helai daun turun
mengubur tubuhmu dengan
kelam. Begitulah matahari
terbaring, membakar
rumput kuning.
1.
Mencatat dengan alat-alat rongsokan, itulah
Dan kau pun bertanya
adakah yang indah
dari hidupku?
Tentu,
tentu, tapi sudah tenggelam
dalam waktu. Lantas kau
pun bertanya: Adakah
yang baik dari diriku?
Tentu, tentu tapi masih
tersembunyi, dalam
mimpi
hingga kau tetap saja
sendiri, asing dari
jatidiri yang sejati.
Dengung sunyi
terbit dengan pagi
mengisi langit
pahit.
Setelah segala mimpi tertidur
Apakah lagi bisa kuulur
Selain tangan lembut tak bernafsu
Menjamah tubuhmu
Hidup dalam hidup
Teratur
Tetapi makin tertutup
Dan kabur
Sehabis segala mimpi tertidur
Apa lagi bisa kuulur
Kecuali umur
Memanjang
Jadi bayang-bayang
Remang …
L'espoirPerang bagi yang menang
Memukul genderang
Usungan keranda
Bagai upacara mulia
Perang bagi yang lumpuh
Mendendam musuh
Berkarat mayat
Dengan kutuk hianat
Yang memukul dengan jiwa utuh
Bersenjata ampuh,
Yang rapuh
Dikoyak-koyak, rubuh!
Perang bagi yang menang …
Memukul genderang
musim gugur. Hari makin pendek
saja. Nanti, nantikanlah!
Karuhun
1.
Rumput. Ombakkah yang
di laut. Hiu, ikan cucut, kau
lupa siapa cucumu. Di hulu sungai
badak. Salak srigala di belantara kota.
Rumput. Ombakkah yang
di laut. Hiu, ikan cucut, kau
lupa siapa cucumu. Di hulu sungai
badak. Salak srigala di belantara kota.
Kamarku di sana, beratap pengap,
berdinding kaca, langit-langit undian,
tujuhpuluhlima juta. Mari bergadang,
main kartu, minum arak, makan sajak,
bicara mahasiswi, jingkrak
jingkrak, berteriak! Kaset pusing
merintihkan daging. Hiburan murahan.
berdinding kaca, langit-langit undian,
tujuhpuluhlima juta. Mari bergadang,
main kartu, minum arak, makan sajak,
bicara mahasiswi, jingkrak
jingkrak, berteriak! Kaset pusing
merintihkan daging. Hiburan murahan.
Sedang dulu karuhun
nayuban sampai pagi, minum sopi
merangkul penari, hidup dalam gamelan mimpi.
2.
nayuban sampai pagi, minum sopi
merangkul penari, hidup dalam gamelan mimpi.
2.
Itu zaman penjajahan
Kami jauh lebih dewasa, begitu
sederhana dalam alam merdeka. Antara
gubuk-gubuk dan rumah mewah, barang berlimpah.
Kami jauh lebih dewasa, begitu
sederhana dalam alam merdeka. Antara
gubuk-gubuk dan rumah mewah, barang berlimpah.
Sarapan menganga: kopisusu, rotibakar dan
matasapi. Airjeruk ekstra. Ayam apa pula
bertelur tanpa berkelamin makan vitamin dalam
bumbung janin? Cinta memerlukan dapur, tempat tidur.
matasapi. Airjeruk ekstra. Ayam apa pula
bertelur tanpa berkelamin makan vitamin dalam
bumbung janin? Cinta memerlukan dapur, tempat tidur.
Rumput. Ombakkah yang
di laut. Hiu, ikan cucut, kau lupa
siapa cucumu.Dulu kau mengira bahagia.
di laut. Hiu, ikan cucut, kau lupa
siapa cucumu.Dulu kau mengira bahagia.
Kami, dari hari
ke hari memupuk diri
dengan pinjaman mimpi.
ke hari memupuk diri
dengan pinjaman mimpi.
Tafakur
7-7-7 itu saja tiap malam yang kuharapkan turun 7-7-7
itu saja doaku pada tuhan. Gambar-gambar berputar,
bar-bar-bar tak mau keluar. Bintang- bintang juga tak
mau herhenti beredar dalam garis horisontal/diagonal.
Kupanggili nenek-moyang dari istirahatnya yang
tenang agar menolongku menang bar-bar-bar
hati berdebar-debar. Walau bintang-bintang
berjatuhan dan 7-7-7 berbaris beraturan,
besok babak, baru berulang lagi di sini. Doa-doaku
kembali masuk putaran neraka. Panas nafsu
menang. Dingin takut kalah, berulang-ulang.
tenang agar menolongku menang bar-bar-bar
hati berdebar-debar. Walau bintang-bintang
berjatuhan dan 7-7-7 berbaris beraturan,
besok babak, baru berulang lagi di sini. Doa-doaku
kembali masuk putaran neraka. Panas nafsu
menang. Dingin takut kalah, berulang-ulang.
7-7-7 itu saja tafakurku 7-7-7
tiap malam penuh bintang
malang-melintang.
tiap malam penuh bintang
malang-melintang.
Sumber
Selalu kureguk sinar matamu,
keyakinan menghargai hari
Tak sangka helai demi
helai daun turun
mengubur tubuhmu dengan
kelam. Begitulah matahari
terbaring, membakar
rumput kuning.
Langit bernafas sunyi,
meniupkan lagu
kering. Kala
bel berdering, kukira kau
pulang, kubuka pintu,
angin melengos bisu.
meniupkan lagu
kering. Kala
bel berdering, kukira kau
pulang, kubuka pintu,
angin melengos bisu.
Catatan
1.
Mencatat dengan alat-alat rongsokan, itulah
hidupku. Aku mesti mulai lagi. Ibu, dari
mana? Dari bayi yang mau dilarikan
perempuan Belanda tetangga itu?
Kau ketakutan sampai mesti pindah kota
hingga jadinya aku lari dari kota yang
satu ke kota yang lain. Ibu, siapakah
aku? Aku lahir dari rahimmu. Itu
pasti. Lantas sekolah, kemudian bekerja.
mana? Dari bayi yang mau dilarikan
perempuan Belanda tetangga itu?
Kau ketakutan sampai mesti pindah kota
hingga jadinya aku lari dari kota yang
satu ke kota yang lain. Ibu, siapakah
aku? Aku lahir dari rahimmu. Itu
pasti. Lantas sekolah, kemudian bekerja.
Dan mestinya aku guru yang jelek.
Ilmu apa yang kuajarkan?
Kebaikan? Kemanusiaan?
Alat perdagangan?
Alat berhubungan?
2.
Ilmu apa yang kuajarkan?
Kebaikan? Kemanusiaan?
Alat perdagangan?
Alat berhubungan?
2.
Mestinya aku puas dengan mengajar bahasa.
Tapi tidak. Aku belajar lagi bicara, juga
dengan a, b, c, yang artinya tidak pasti.
Tapi tidak. Aku belajar lagi bicara, juga
dengan a, b, c, yang artinya tidak pasti.
Aku tidak mau mengajarkan
bahwa kursi itu hanya kursi, tapi misalnya
kedudukan, kekuasaan. Pengetahuanku
akhirnya tidak lain dari bayangan
kenyataan sehari-hari.
bahwa kursi itu hanya kursi, tapi misalnya
kedudukan, kekuasaan. Pengetahuanku
akhirnya tidak lain dari bayangan
kenyataan sehari-hari.
Apakah yang penting? Hidup? Juga
mungkin bukan, sehab itu fana
kata orang Jawa. Uang?
Juga tentunya bukan, sebab itu juga
hanya alat. Dan kita semua maklum
kecuali kalau kita ( ... )
mungkin bukan, sehab itu fana
kata orang Jawa. Uang?
Juga tentunya bukan, sebab itu juga
hanya alat. Dan kita semua maklum
kecuali kalau kita ( ... )
Dan Kau Pun
Dan kau pun bertanya
adakah yang indah
dari hidupku?
Tentu,
tentu, tapi sudah tenggelam
dalam waktu. Lantas kau
pun bertanya: Adakah
yang baik dari diriku?
Tentu, tentu tapi masih
tersembunyi, dalam
mimpi
hingga kau tetap saja
sendiri, asing dari
jatidiri yang sejati.
Hutan
Dengung sunyi
terbit dengan pagi
mengisi langit
pahit.
Di dasar hutan
kerangka bulan
hitam.
kerangka bulan
hitam.
Gaung lengang
merayap dengan slang
membakar padang
gersang.
merayap dengan slang
membakar padang
gersang.
Di dasar malam
kerangka perahu
karam.
kerangka perahu
karam.
Sajak dalam Angin
Beri aku mimpi
Beri aku mimpi
bagai seribu lilin,
tak putus-putus nyala
dalam malam-malam dingin
tak putus-putus nyala
dalam malam-malam dingin
hingga kelam
tak mau lagi berbenah
di kamarku, ruang yang
tak kenal istirah, Maka kami
tak mau lagi berbenah
di kamarku, ruang yang
tak kenal istirah, Maka kami
pun tak habis nyalang,
membuka mata menyanyikan
lagu-lagu riang tentang beribu-ribu
membuka mata menyanyikan
lagu-lagu riang tentang beribu-ribu
kenangan
tentang rindu yang
tak kenal bayang-bayang
tentang rindu yang
tak kenal bayang-bayang
Potret Senja
Setelah segala mimpi tertidur
Apakah lagi bisa kuulur
Selain tangan lembut tak bernafsu
Menjamah tubuhmu
Hidup dalam hidup
Teratur
Tetapi makin tertutup
Dan kabur
Sehabis segala mimpi tertidur
Apa lagi bisa kuulur
Kecuali umur
Memanjang
Jadi bayang-bayang
Remang …
L'espoirPerang bagi yang menang
Memukul genderang
Usungan keranda
Bagai upacara mulia
Perang bagi yang lumpuh
Mendendam musuh
Berkarat mayat
Dengan kutuk hianat
Yang memukul dengan jiwa utuh
Bersenjata ampuh,
Yang rapuh
Dikoyak-koyak, rubuh!
Perang bagi yang menang …
Memukul genderang
Belum ada Komentar untuk " 15 Contoh Puisi Wing Karjo Puisi Pilihan | Puisi Terbaik"