Sabtu, 25 Agustus 2018

Contoh Puisi Cinta untuk Pacar , untuk Gebetan, dan Mantan , Romantis

Kumpulan Puisi -Puisi merupakan sebuah karya sastrayang memiliki keunikan berupa rima atau persamaan bunyi di akhir kalimat, adanya bait, baris, dengan gaya bahasa bebas namun cenderung memiliki makna atau keindahan. Dahulu puisi sangat terikat oleh aturan-aturan tertentu, sesuai zamannya. Puisi yang terikat seperti ini disebut sebagai puisi lama. Contohnya seperti mantra, pantun, talibun, syair, karmina, gurindam, dsb.
Namun, sekarang puisi lebih bebas terutama dalam gaya bahasa sehingga sering dikenal sebagai puisi modern atau puisi baru. Beberapa bentuk puisi modern yaitu balada, himne, satire, elegi, romansa, ode, dan epigram. Beberapa pencipta puisi yang terkenal seperti Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Aan Mansyur, dan masih banyak lagi.

Dalam puisi modern, tema atau isi puisi lebih berwarna dan beragam. Salah satunya adalah puisi cinta. Di dalam puisi cinta yang menggunakan gaya puisi modern, penulis puisi bebas menentukan jalan cerita atau bahasan di dalam puisi miliknya. Puisi cinta bisa termasuk ke dalam beberapa jenis puisi seperti balada, romansa, maupun elegi. Beberap puisi modern ini dapat ditemukan di berbagai buku antologi puisi.

Berikut ini adalah contoh puisi cinta yang romantis. Mulai dari contoh puisi cinta sedih, contoh puisi cinta dalam diam, contoh puisi cinta lucu, contoh puisi cinta islami, contoh puisi cinta pendek, contoh puisi cinta sejati, contoh puisi cinta tanah air, contoh puisi cinta lingkungan, contoh puisi cinta bertepuk sebelah tangan, contoh puisi cinta jarak jauh, conto puisi cinta muslimah, contoh puisi cina menyentuh hati, conto puisi cinta, contoh puisi cinta terlarang, dll.



Puisi Cinta Romantis

Kamu yang sudah punya pasangan, pas banget deh nih kalau pasangan kamu dikasih puisi cinta romantis berikut ini. Dijamin deh pasangan kamu bakal klepek-klepek dan abis itu nempel terus deh hehe.

DIUJUNG SENJA


Diujung senja…
Teka teki cinta itu akan terkumpul
dalam lembaran-lembaran kertas tentangmu
yang tidak setiap orang mampu membacanya
sementara itu…
mulut-mulut akan berbicara tak peduli
karena jika saatnya setiap titik kan terjun dari langit
akan melahirkan berkah
maka cinta yang baik akan menemukan takdirnya.

PERISAI CINTA

Oleh Handry Lumban Purba
Senandung deru badai menyapa
Mengusik rasa kita berdua
Redakan hujan ini
Kalahkan semua bebanmu
Aliran darah panas mengalir
Mengukir rasa cinta di hati
Abadikanlah selalu
Singkirkan semua laramu
Rasakan semua pahit manis yang kau jelang
Rasakan semua duka dan tawa dalam bercinta
Kau di dalam jiwaku perisai cintaku
Memapah dan menopang bila ku terlelah
Kau di dasar hatiku perisai cintaku
Memapah dan menopang saat ku terlelah
Selembut awan putih menghias
Mengiring jalan terbang ke awan
Senandungkanlah padaku
Syair terindah buah dari karyamu.


JANJI

Oleh Nofriyan
Burung merpati bertukar kasih
Indahnya alunan musik malam yang menemani
Sudah ditakdirkan kita tak kan terpisah
Karena besarnya cinta dan kasih yang di miliki
Terikat janji sehidup semati
Sepanjang jalan hidup yang dijalani
Makna-makna hidup yang kita resapi
Akankah hidup seindah ini?
Tak bisa kelain hati selain di hatimu
Karena itulah kukukuh bersamamu
Masa muda yang tersulut semangat api
Masa tua begitu tentram kita jalani
Kulantunkan syair padamu kasih
Ini berupa wujud cinta dan kasih di hati
Beratnya perjalanan hidup yang dijalani
Dan sudah terwujudlah cinta yang kita impikan


CINTA

Oleh Nugarah Sabam Timothy Sihotang
Cinta…
Tak pernah mengenal waktu
Cinta…
Tak pernah mengenal tempat
Cinta itu tulus
Cinta itu murah hati
Cinta itu rela berkorban
Cinta itu setia
Jangan pernah khianati cinta
Kalaupun hubungan kita sampai di sini
Bukan rasa cinta yang membuat itu
Tetapi keadaanlah yang memisahkan
Ku yakin
Cintaku dan cintamu bersemi
Walau di dalam hati
Semoga cinta jugalah yang mempertemukan kita
Semoga cinta juga yang mengantar harapan kita
Agar kita dapat hidup berdampingan.

MAKHLUK TUHAN PENUH PESONA

Cintaku, engkaulah tujuan hidupku
Dan engkaulah hasratku
Bersamamu adalah kegembiraan abadi
Ketidakhadiranmu adalah bara api dalam hati
Engkaulah kegilaan hidupku
Satu-satunya cintaku
Suatu cinta yang tak kenal malu
Suatu pemujaan yang tak cela
Wahai, sembuhkanlah aku dari kesedihan yang mematikan
Penderitaan adalah kesyahidanku
Pedang cinta kematianku
Aku tidak akan berhenti mencintaimu
Atau membuka apa yang tertutup
Cinta adalah hukum dan obat bagiku
Entah tersembunyi entah terbuka
Terpujilah mataku yang menatapmu
Wahai mahluk tuhan yang penuh pesona


TIRAI KERINDUAN

Bulan dan bintang enggan bersinar di malam hari,
mentari pagi tak semerbak bunga mewangi
siang hari haus akan pancaran sinar matahari
senja sorepun malu menyinari bumi
kala kerinduan menghampiri
tak ada satupun burung bernyanyi
semerdu alunan simponi
Lelah langkah kaki
mengikuti alunan syair harmoni
terbayang jiwa yang teriris sepi
menyambut raga yang tersipu mati
ketika paras mu hadir dalam mimpi
merasuk kedalam halusinasi
merusak dinding-dinding emosi
Hanya perasaan yang mampu mengerti
berharap kehadiranmu disisi
memeluk erat kesedihan dihati
hancurkan rindu diufuk tepi
bersama menanti indah mentari
melaju ikuti irama melodi
hingga tercapai mimpi abadi
sampai maut yang kan mengakhiri.


SENJA MERINDU

Oleh Rainy Zikri
Rona senja telah menjingga
Membias melembut diujung langit
Rinai hujan yang tersisa
Sejukkan jiwa basuh segala asa
Oh angin senja terbangkan rasa rindu ku
Lagukan symphoni rindu dalam indah mimpinya
Ku luruhkan rinai rinduku tuk mu yang merindu
Hadirkan rindu ini dalam setiap mimpinya
Disaat ku rindukan mu
Keindahan yang tercipta
Penuhi relung relung ku
Bayangkan gelak tawa mu yang ceria
Lukiskan indah mata mu yang berbinar
Damaikan risau jiwaku yang mengingat mu
Saat kau pun rindukan ku…


Puisi Cinta Pendek

Gak mau dengan puisi cinta yang kepanjangan? Susah ya bacainnya? Haha. Oke, berikut ini puisi cinta pendek buat kamu yang ingin ngasih puisi yang lebih pendek dan simpel, tapi dijamin tetap menyentuh hati.

KESETIAAN

Jangan ragukan cinta yang mencintaimu
Menjaga hatimu untuk tetap menjadi tujuan hidupku
Adalah mimpi yang terus kujaga
Hingga waktu tak mampung menghitung dirinya sendiri

Puisi Cinta Pendek untuk NEMBAK PACAR

Waktu telah mengiringi jalan kita bersama
Ada senyum yang tercanda
Ada tangis yang beriring air mata
Semua adalah kenang terindah hidupku
Tentangmu,
Aku mencintaimu.
Jika tulisan ini mengganggumu,
Hapuslah
Jika puisi ini mengusikmu,
Sirnakanlah
Tapi jika dapat kuungkap rasa hatiku
Yang meski sering kupendam karena luka
Tapi, kini,
Ijinkan aku berkata “I Love U”
Jadilah kekasihku,
Teruntuk Seseorang yang kunanti
Maafkanlah sang hina ini mengungkapkan rasa
diantara ketakutan dan kecemasan
Tentang cinta yang kutitipkan pada sang putri
Engkau, Putri impianku
Jadilah kekasih halalku di dunia
Lalu bersama, jadilah bidadariku
Disurga, di alam keabadian cinta

HAMPA TANPA DIRIMU

Sebelum dirimu datang ke hatiku
Hanya kekosongan yang mengisi hidupku
Sekarang kau telah datang
Dan aku tak akan pernah membiarkanmu pergi

PUISI CINTA PENDEK TENTANG RINDU

Waktu mengapa begitu lambat beradu
Sementara hati kian sendu
Datanglah di mimpiku
Dimana dunia tak mampu menolak
Kemegahan cinta kita yang terindukan
Kasih,
Entah bagaimana kulewati hening malam ini
Masih kuingat ketika kau katakan cinta
Masih kuingat saat kau memeluk tubuh rapuhku
Masih kuingat tiap genggam jarimu
Dan selalu kuingat
Meski jarak terpisah jauh dari dua dunia
Kita selalu bersama,
Dalam nyanyian cinta nan setia
Mengapakah ada rindu
Jika saat lama kita tak bertemu
Inikah bunga-bunga cinta
Yang tumbuh diatas taman cinta kita?
Kasih, aku rindu padamu.

SATU-SATUNYA ALASANKU

Kamu lah satu-satunya alasanku
Alasanku tersenyum sepanjang waktu
Alasanku bersemangat menjalani hidup
Alasanku tidak pernah menyerah saat badai datang

PESAN TERAKHIR

Seandainya ini adalah saat terakhirku
Dan ku harus pergi meninggalkan dunia
Aku akan menggunakan kesempatan terakhir ini
Untuk mengatakan aku sangat mencintaimu



Puisi Cinta Bikin Baper

Masih belum mempan juga dikasih puisi? Wah berarti kamu harus cobain puisi cinta bikin baper di bawah ini. Meskipun simpel dan sederhana tapi dijamin akan membuat kamu atau pasangan kamu baper deh.

DEWI SANG PENABUR KASIH

Oleh Handry Lumban Purba
Ada lembah bersembunyi di balik bukit
Bukit bersembunyi di balik hutan
Dari kejauhan aku berteriak menjerit
Penuh cemas berbuntut ketakutan
Aku sepi, dingin dan lapar
Bernyanyi lirih lagu-lagu sendu
Dinding hati yang kokoh turut bergetar
Merasa sedih karena lelah menantikanmu
Setelah bertahun-tahun lamanya
Kini telah tiba hari-hari yang ku tunggu
Ini tanganku terbuka lebar untukmu
Kemarilah, datanglah dan mendekatlah padaku
Aku saat ini berlimpahkan alasan-alasan
Untuk memujimu, untuk menyanjungmu
Cukup tepat bila kau pantang terlewatkan
Tuhan itu baik, memilih dirimu dan mengirimnya untukku
Bertanyalah kau kepadaku wahai wanita
Menurutmu Siapakah gerangan aku?
Maka terlontarlah kata mesra yang teramat lembut
Berkatalah, kau tidaklah tercipta untuk seseorang
Melainkan untuk bertakwa pada Tuhan dan menjadi imamku
Kalimatnya terdengar bagai syair dari surga
Kini aku tak ragu dalam kebimbangan
Tepatlah kau si Dewi sang penabur kasih
Hadir sebagai penyempurnaku di alam raya
Seandainya saja ada kata yang lebih mulia dari cinta
Bila saja ada kata yang lebih agung dari sayang
Tentu kaulah yang patut memperolehnya
Kemarilah dan biarkan aku menjadi imammu.


SEMUSIM BERLALU

Oleh Chandra Bayu Pradana
Semusim telah berlalu kekasih
Jerit tangis tawamu telah membayang jauh
Air mata paling bahagia diujung senja
Kitalah insan salam keheningan
Gugurlah bunga di musim semi
Terlentang di antara tumpukan sakura
Rindu jatuh tepat dikening para pujangga
Hingga akhirnya mati terkubur puisinya sendiri
Nyanyikan aku wahai kutilang
Simponi klasik tentang semesta
Kicau paling merdu dari lini penjuru
Buatlah aku tertidur nyenyak dalam pangku doaku
Senja di pipimu kekasih
Biarlah kuhirup dalam helai jingga
Ingin kunikmati setiap damai kepergian
Biar kupeluk seluruh peluk kehilangan


MENDAPAT KAU TERSENYUM

Oleh Lia Nurun Nissa
Aku adalah sosok bayangmu
Tak bisa kau gapai, tapi selalu ada di belakangmu
Mungkin bukan diriku
Tapi ingatanku yang tak pernah berlalu
Kita tak pernah saling menyapa
Namaku saja apa kau mengetahuinya?
Namun senyumu seakan berisyarat tentangku segala kau ketahui
Aku baik mengenalmu
Aku selalu mencari tau
Ya, itu aku
Yang tak lepas sedetikpun atas namamu
Aku rela mebuang ribuan tahun untuk satu hari yang berharga itu
Biarlah semua bahkan diriku membenciku
Aku tidak akan pernah mati walau kau siapa membunuhku
Untukmu
Bahkan jika esok bertemu
Biarkan aku berdarah berluka hanya untuk mendapati kau tersenyum padaku


MENGENAL CINTA

Oleh Novisa
Memang tak mudah mengenal yang namanya cinta
Cinta bisa membuat orang berbeda
Bagi yang mengenalnya
Cinta adalah anugrah dalam hidupnya
Bagi yang tak mengenalnya
Cinta adalah musuh dalam hidupnya
Untuk mengenal cinta
Kita harus benar-benar siap
Siap menghadapi realita yang ada
Cinta yang sesungguhnya adalah
Cinta yang menerima kita apa adanya
Mau berbagi senang dan kesedihan dengan kita
Tak mudah untuk mendapatkan cinta
Kita harus butuh perjuangan yang lebih
Karena cinta yang sesungguhnya
Takkan pernah rela melihat cinta nya terluka


SINGGASANA CINTA

Oleh Muhammad Ridwan Na’im
Mungkin terlalu dini bagi kita
Untuk mengenal cinta
Merangkai indahnya tali asmara
Ribuan kerikil tajam menghadang
Angin menerjang
Hiasi perjalan yang panjang
Namun percayalah
Tuhan telah menyiapkan
Sebuah kisah yang lebih indah
Dari apa yang diimpikan
Biarkan waktu bergulir
Bagai roda yang terus berputar
Iringi langkah kita
Menuju singgasana cinta
Biarkan indah dunia
Menjadi saksi cinta kita
Hingga malam menutup jiwa.

BAGAIMANA BISA?

Oleh Nandar Dinata
Bagaimana bisa?
Harusku hapuskan namamu dihati
Sedangku telah terbiasa nikmati
Setiap abjad yang menyusun namamu dalam sanubari
Bagaimana bisa?
Ku tepiskan deratan aksara pada jiwa
Karenanya hasrat tak pernah letih bergelora
Sedangku tak pernah bisa beralih dan berlalu
ketika goresan nan lembut melukiskan adamu
Bagaimana bisa?
Ku tangguhkan nada-nada asmara
Merdu bersanandung dalam palung jiwa
Ketika lirik yang terangkai olehnya
Berkisah tentang cerita cinta kita
Bagaimana bisa?
Ku simpan derai airmata yang jatuh perlahan
Pun isak tangis dalam jiwa tak sanggup tertahan
Ketika rindu tak pernah sedikitpun melepas pelukan

Puisi Cinta Islami

Kalau berikut ini yaitu tentang puisi cinta islami, baca deh puisi ini, dijamin bikin terharu dan menyentuh hati. Jangan lupa bacanya gunakan perasaan dari hati kamu yang paling dalam yaa hehe.


ISTIKHARAH CINTAKU

Malam yang hening memanggil
Naluriku untuk berdoa
Memohon petunjuk pada sang maha pencipta
Hati yang resah memohon dipilihkan
Satu cinta satu nama
Yang akan membawa dan menuntunku
Meraih cintanya hingga ke surga
Sunyinya malam mengalunkan
Tasbihku yeng merdu
Meleburkan isi hati yang resah
Dan menggebu
Wahai Abdullah…
Kusebut namamu dengan pasrah pada pemilik cinta
Berharap dia yang memegang hatimu
Memudahkan jalanmu untuk menuju
Cinta yang hakiki


WALAU JARAK KITA TERPISAH JAUH

Jika Hatimu merindukan seseorang…
Pejamkan Matamu dan Katakan…
Yaa Allah…
Aku merindukannya kerana-Mu Ya Allah…
Jauhkanlah aku dari perkara yang bisa membuat aku lupa kepada-Mu…
Aku semakin mengerti bahwa jarak ini bukan untuk menghukumku…
Tapi Jarak ini untuk
Menjaga aku dan dia…
Dengan ‘jarak’ ini… Aku dan dia berjanji untuk berubah menjadi lebih baik…
Dengan jarak ini… Aku dan dia berjanji untuk Memperbaiki cinta kepada Ilahi…
Dengan jarak ini… Aku dan dia berjanji untuk Mencintai Pencipta kami lebih dari segalanya…
Dengan jarak ini… Aku dan dia berjanji untuk Mendalami ajaran Islam…
Dan Dengan jarak ini juga… Aku dan dia yakin andai tiba saatnya nanti…
Aku dan dia akan lebih siap untuk melayari semua ini dengan jalan yang diridhai…
Syukur Ya Allah… Kerana memberi peluang kepadaku melalui jalan-Mu ini…
Syukur Yaa Rabbi… Kerana memberikan jarak itu kepada aku dan dia…
Ya Allah… Sekiranya dia baik untuk dunia dan akhiratku, maka dekatkanlah dan satukanlah aku dengannya…
Tapi sekiranya dia buruk untuk dunia dan akhiratku… maka jauhkanlah aku darinya.


DEKATKAN AKU

Aku tak lupa,
Hanya saja aku lelah…
Bukannya aku tak bersyukur,
Hanya saja aku ingin memiliki jiwa sang Adam…
Aaahh… Pak Jokowi benar…
Hidup itu kerja dan cinta…
Yaa Allah… Tuhan semesta alam…
Ampunilah aku jika aku tak mensyukuri nikmat-Mu menjadi kaum Hawa…
Ampuni aku yang selalu mebohongi perasaanku sendiri…
Ampuni aku yang tidak bisa berkata jujur…
Ampuni aku jika aku menyakiti hati seseorang…
Kabulkanlah doaku…
Dekatkan aku dengan ilmu-Mu.
Dekatkan aku dengan seseorang yang berilmu…
Dekatkan aku dengan seseorang yang bekerja keras…
Dekatkan aku dengan seseorang yang menjaga shalatnya…
Dekatkan aku dengan seseorang yang pemberani.
Dekatkan aku dengan seseorang yang selalu mengajak dalam kebaikan.
Amiiin…

Puisi Cinta Romantis untuk Pacar Tersayang

Kamu punya pacar? Pengen romantis sama pacar kamu? Coba deh kasih puisi cinta romantis untuk pacar tersayang di bawah ini. Pokoknya bakalan romantis banget deh, dijamin pacar kamu makin sayang deh sama kamu.


BIDADARI KU

Oleh: Miftahun Nasrulloh
Kau datang dimana
Hati ini sedang terluka
Disaat sepi melanda jiwa
Kau hibur aku dengan canda tawa
Dengan senyuman manismu
Kau buat aku nyaman bersamamu
Dan inginku selalu melihatmu
Tersenyum manis di sepanjang harimu
Didalam matamu
Berasa ada cahaya yang menyinariku
Di dalam gelapku
Berubah terang oleh pancaran indahnya matamu
Ohh bidadariku
Terimakasih sudah datang kepadaku
Kau buat diriku
Bahagia bersamamu
Bahagia yang tak bisa
Di ungkapkan dengan kata kata
Melainkan hanya bisa
Dirasakan dengan cinta.


KAMU

Oleh Ningrum S
Pertahankan senyummu itu
Hingga ku puas diri
Memandang senti demi senti
Untaian lebar bibirmu
Kau pikir aku egois?
Dengan segores senyum sinis
Kau pandang aku
Dekap daku sampai terpaku
Mengingat indah semua tentangmu
Pertahankan tatap matamu itu
Biarkan mata kita menyatu
Dalam dekapan kalbu
Kau dan aku mengudara
Syahdu
Antara kau dan aku…


AKU BERJANJI PADAMU

Oleh Sadikin
Aku berjanji padamu ketika padang ilalang mulai terbakar.
Meninggalkanmu sama saja menunda perjalanan bumi berputar pada porosnya.
Mencintai kamu bukan sekedar mengungkap rasa lalu hanya diam.
Aku berjanji padamu saat matahari tepat di atas kepala.
Kegelisahan tanpa dirimu seperti sampan tak berkayuh.
Mencintai kamu dengan rindu yang tak terbatas.
Aku berjanji padamu saat pohon asem di halaman sekolah masih sejengkal.
Dik, kunanti kamu saat rinai turun membasahi bumi.
Mencintai kamu tak lekang oleh waktu.
Aku berjanjimu ketika lagu gugur bunga diperdengarkan


Nah itu tadi sedikit sharing dari admin kumpulan contoh puisi. Puisi mana yang menurut kalian paling berkesan dan paling nempel dihati? Silahkan berikan komentarmu. Semoga bermanfaat bagi kalian para pembaca. Dukungan kalian sangat berpengaruh dalam kemajuan website ini. Share artikel ini jika sekiranya dapat membantu orang yang sedang membutuhkan. Jangan lupa untuk selalu mampir di portal dunia Pantun dan puisi ? 

Related Posts

Contoh Puisi Cinta untuk Pacar , untuk Gebetan, dan Mantan , Romantis
4/ 5
Oleh