Sabtu, 23 Februari 2019

100+ Kumpulan Kata-kata Mutiara Kehidupan Referensi Renungan Diri

Berikut ini adalah kata-kata mutiara cinta islami yang berhasil kami kumpulkan dari beberapa sumber yang bisa dijadikan referensi hidup. Setiap kata-kata mutiara memiliki pesan tersendiri, jadi langsung aja yuk kita lihat kumpulan kata-kata mutiara dibawah ini

Kata-kata Mutiara Cinta Islami Merasuk Dalam Jiwa


1. Mensucikan diri

"Sesungguhnya manusia itu terlahir dengan dua wajah, 
berbahagialah mereka yang hanya memandang ke satu arah saja"  -by me-

--: Semua manusia mempunyai dua sisi karakter, baik dan buruk. Sebab sejak ada di dalam kandungan Allah telah mengilhamkan jiwa kita jalan ketakwaan dan jalan keburukan. Adalah manusiawi jika sekali-kali kita berbuat salah, kecewa atau marah namun tidak berarti kita harus menjadi orang jahat, sebab sebagai manusia yang diberi akal kita seharusnya mampu memilih sesuatu yang benar.


2. Tujuan hidup di dunia

 "Hidup adalah sebuah perjalanan, bukan merupakan tujuan" -Aerosmith-

--: Terkadang kita terlalu memaksakan diri dalam segala hal, tak jarang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu, apapun itu yang kita inginkan. Kita tidak boleh melupakan bahwa yang lebih bernilai itu adalah proses pembelajaran saat kita berjuang dan bukan tentang hasil akhirnya. Sehingga ketika kita tidak mendapatkan apa yang menjadi target tujuan, kita tidak akan terlalu kecewa, kalah menang adalah bonus bukan merupakan tujuan.



3. Hidup yang bahagia

"Ketika kau kehilangan sedikit pikiran, kau akan membebaskan hidupmu"-aerial BYOB-

--: Kalimat ini bisa saja bermakna plural. Dimana ketika kita tidak terlalu memikirkan suatu masalah yang berat, artinya kita sudah membuat diri kita bahagia. Kita tidak perlu memikirkan sesuatu yang bukan menjadi urusan kita, tidak terlalu mencampuri urusan orang lain misalnya, sudah membuat hidup kita menjadi tenang, bukan?
Atau dalam pengertian yang lebih ekstrim, ketika kita menjadi gila maka kita akan bahagia, bukankah orang gila selalu berbahagia, sebab tak ada persoalan yang ada di pikirannya.


4. Yang tidak terlihat dari diri kita

"Sesungguhnya masing-masing anggota tubuhmu itu mempunyai mata, mulut dan telinga, kelak mereka akan bercerita"-by me-

--: Secara harfiah tentu akan sangat aneh apabila tangan atau kaki kita memiliki mata, mulut atau telinga. Mungkin akan repot memberi makannya, minum, belum lagi jika satu mulut dan lainnya saling berbicara.

Kalimat diatas menjelaskan bahwa nanti Tuhan akan bertanya kepada masing-masing anggota tubuh kita apa saja yang sudah kita lakukan di dunia. Jadi selagi masih ada di dunia hendaklah kita melakukan hal-hal baik, yang tidak melanggar larangannya, sehingga ketika anggota tubuh kita ditanya maka mereka akan bercerita hal yang baik saja kepada Tuhan.


5. Pertemuan Yang abadi

"Dimanakah kekasih hatiku? Tuhan telah mengambilnya dariku. Ia pergi ke surga, maka aku harus menjadi lebih baik. Agar kelak aku dapat berjumpa dengannya lagi" -Pearljam-

--: Ketika orang yang tersayang pergi, maka pasti ada yang berubah dari diri kita. Dalam kesedihan yang mendalam, kita akan cenderung lebih rapuh kemudian menyalahkan keadaan atau bahkan lebih buruk lagi menyalahkan Tuhan. Masih manusiawi jika kita merasa rapuh, tapi hendaklah jangan berlarut-larut hingga merugikan diri sendiri.

Jika kita memang benar-benar mencintai orang tersayang itu, maka kita harus meneruskan hidup dengan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Niscaya kelak akan dipertemukan kembali.


6. Memaklumi keterbatasan manusia

"Mungkin terdengar aneh, tapi jangan terlampau picik. Bahkan seorang pahlawan pun bisa berdarah." -Five for fighting-

--:  Terkadang kita terlalu menggantungkan harapan pada seseorang untuk dapat membantu atau menyelesaikan masalah kita, dan  jika mereka tak mampu melaksanakannya, kita menjadi kecewa, marah atau bersikap menyalahkan.

Bahkan seorang ibu yang sering kita andalkan sehari-hari pun berhak untuk mengeluh dan mengomeli kita jika sudah kecapaian. Sebab semua manusia mempunyai batasnya masing-masing. Ada tempat kokoh yang bisa kita jadikan tempat berlindung, siapa lagi jika bukan Sang Pencipta.
 


7. Cinta Yang berbuah surga

 "Mencintaimu karena Dia, membawaku pada surga"-by me-

--:  Jatuh cinta memang sesuatu yang indah. Tapi jangan mencintai seseorang hanya karena penampilan fisik semata. Jika kita mencintai seseorang karena akhlaknya, maka kita pun turut terbawa ke arah yang lebih baik lagi.

Dan dia yang mengaku mencintaimu sudah seharusnya mengajarimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sebab suatu hubungan yang sehat akan membuat pribadi kita berkembang.


8. Mencintai yang halal

Halal itu baik, Dan membawamu menjadi halaladalah jalan kita menuju kebaikan"
-by me-

--:  Suatu hubungan seharusnya membawa kita menuju kebaikan. Hubungan yang berdasarkan hawa nafsu semata, hanya akan membawa keburukan bagi kedua pihak.
Belajarlah untuk bersabar dan menahan diri, sebab Allah menyukai orang sabar yang menahan diri.


9. Menahan diri

"Sejak mengenalmu, aku banyak berpuasa"-by me-

--:  Seorang lelaki yang belum cukup mampu untuk mengajak perempuan menikah, hendaknya menahan godaan dengan banyak berpuasa.
Tetapi sepatutnya perempuan juga ikut menahan diri, sehingga Tuhan memudahkan jalan bagi mereka untuk bersama


10. Mencintai karena pencipta

"Aku memang mencintaimu, sebab itu aku mengadu pada Sang Pembuat Rencana saja"-by me-

--: Ketika mencintai seseorang seringkali kita bersikap berlebihan dengan mencari perhatian dari sidia atau ketika tidak direspon kita malah bersikap memaksa. Padahal hati manusia itu Tuhan yang memilikinya. Sebanyak dan sehebat apapun rencana yang kita buat, jika Tuhan tidak mengizinkan tidak akan terwujud.

Itulah tadi beberapa kata-kata mutiara religi-kehidupan yang dapat kita ambil pesan didalamnya. Semoga kata-kata mutiara diatas dapat menjadi inspirasi bagi sobat Poemers dalam menghadapi setiap jengkal kehidupan ini.

Related Posts

100+ Kumpulan Kata-kata Mutiara Kehidupan Referensi Renungan Diri
4/ 5
Oleh