Kamis, 07 Februari 2019

100+ Kumpulan Contoh Pantun Jenaka Lucu & Gokil Terbaru 2019



  1. Pengertian pantun jenaka dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pantun jenaka ?
  3. Apa arti kata pantun jenaka ?
  4. Apa itu pantun jenaka dan artinya ?
  5. Apa contoh pantun jenaka lucu ?

Pengertian Pantun Jenaka dan Contohnya



Pengertian pantun Jenaka adalah pantun yang memiliki tujuan untuk menghibur orang yang mendengar, kadang kala dijadikan sebagai sarana untuk saling menyindir didalam kondisi yang penuh keakraban, agar tidak mengundang rasa tersinggung, dan bersama dengan pantun Jenaka dapat membuat kondisi akan jadi tambah meneyenangkan.

Apa arti jenaka? Saat ini orang sangat jarang pakai kata jenaka. Apa sih arti jenaka? Jenaka artinya lucu. Jadi pantun jenaka adalah pantun lucu. Mungkin anak-anak muda saat ini bisa menyebutnya sebagai pantun lucu humor atau gokil.

Jenaka berasal dari bahasa Melayu. Pantun sendiri sebenarnya lebih berkembang terhadap suku Melayu. Oleh karena itu, ketika kami studi pantun, terutama pantun-pantun lama, kami banyak mendapatkan kalimat yang asing.

Pantun jenaka berujuan untuk lucu lucuan dan memiliki tujuan untuk menghibur sang pendengar yang baik. Pantun itu merupakan normalitas yang diucapkan secara lisan ataupun segera melalui candaan yang membawa dampak irang tertawa.

Sangat menarik ketika kami perhatikan pantun yang tertata rapi dan diucapkan bersama dengan nada yang pas ketika orang mengucakan pantun itu. Anda tentu mengenal kata gokil maupun lucu dan banyak sekali yang di istilahkan bersama dengan lelucun




Pengertian Pantun Jenaka

Keberadaan sebuah pantun jenaka sebagai karya seni yang kreatif nan menghibur masih senantiasa eksis hingga pas ini. Karena kecuali dipikirkan, siapa yang tidak senang bersama hiburan? Ya, tentu saja barang siapa perlu sebuah hiburan untuk isikan hari-harinya.
Terlebih lagi kecuali jiwa Anda kreatif, menulis sebuah pantun barangkali sanggup dijadikan sebagai fasilitas bagi Anda untuk menuangkan isikan kreativitas otak Anda. Sebenarnya seluruh pantun, baik itu yang bercerita tentang pantun agama, nasihat, jenaka, atau tema lainnya
Dapat berguna untuk pembacanya, tidak cuman kata-kata yang begitu unik terangkai, terhitung terselip nasihat bijak atau ungkapan cerita lucu yang bermakna. Dimana setiap kata-kata pada pantun jenakan sanggup menghibur, orang yang mendengar pantun tersebut
Sekedar Info yang barangkali sanggup berguna bagi Anda, perlu Anda ketahui bahwa pantun dan syair itu sesungguhnya sangatlah berbeda, cuma selama ini kita melihat antara pantun dan syair punya banyak kemiripan. Lalu, apa sajakah perbedaan satu diantara dua karya sastra tersebut?

Ciri-ciri Pantun :

  • Terdiri atas 4 baris.
  • Jumlah kata dalam setiap baris sebanyak 8 hingga 12 suku kata.
  • Baris pertama dan kedua disebut bersama sampiran.
  • Baris ketiga dan terhitung keempat disebut bersama isi.
  • Memiliki pola sajak A-B-A-B.

Ciri-ciri Syair Pentun :

  • Terdiri berasal dari 4 larik dalam setiap baitnya.
  • Setiap bait memberi tambahan makna sebagai sebuah satu kesatuan.
  • Semua baris dalam syair adalah isi, menjadi dalam syair tidak tersedia sampiran.
  • Mempunyai pola A-A-A.
  • Jumlah suku kata dalam tiap baris syair adalah 8 hingga bersama 12 suku kata.
  • Isi syair berbentuk nasihat, petuah, dongeng ataupun cerita.
  • Kumpulan Pantun lucu dan jenaka dan juga humor ini kita dapatkan berasal dari berbagai referensi di internet. Jika Anda pernah membacanya di buku atau majalah tetapi kebanyakan sering lupa dan menghendaki membacanya lagi sebab punya unsur seni yang tinggi dan tentu saja menghibur.


Jenis-Jenis Pantun Jenaka

Jenaka merupakan kategori pantun yang itu artinya masih akan terbagi menjadi ke dalam beberapa jenis lagi. Beberapa jenis tersebut merupakan jenis pantun jenaka secara umum. Berikut beberapa jenis pantun jenaka yang perlu kamu diketahui.

1. Pantun jenaka kelakar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kelakar memiliki arti kata-kata lucu yang bisa membuat orang lain tertawa. Itu artinya pantun jenaka kelakar merupakan jenis pantun jenaka yang memiliki rangkaian kata-kata lucu dengan tujuan membuat orang lain tertawa atau bahagia.

2. Pantun jenaka ejekan atau olok-olok

Merupakan jenis pantun jenaka dengan rangkaian kata-kata yang bertujuan untuk mengolok-olok orang atau situasi tertentu. Meskipun berupa ejekan, tetapi pantun jenaka jenis ini tidak bermaksud untuk merendahkan seseorang.

3. Pantun jenaka sindiran

Merupakan jenis pantun jenaka dengan rangkaian kata-kata sindiran yang sebenarnya bertujuan untuk mengingatkan atau menasehati orang atau masyarakat. Meskipun kata-kata berupa sindiran, biasanya orang yang disindir tidak akan sakit hati, karena memang dikemas dengan ringan dan jenaka.

4. Pantun jenaka dongen binatang

Kalau jenis pantun jenaka yang ini cocok untuk anak-anak. Selain suka dongeng-dongen binatang, anak-anak pasti sangat suka jika mendengar atau melihat sesuatu yang lucu.



Baca Juga:

Kumpulan Pantun Jenaka Sindiran Terbaik dan Terbaru


Contoh Pantun Jenaka


CONTOH PANTUN JENAKA

Disana merak disini merak
Merak mana hendak dikepung
Disana hendak disinipun hendak
Pening kepala terajang punggung – .

Diumpan merak dengan dedak
Hendak ditangkap dengan segera
Di sana hendak di sinipun hendak
Tepuk dada tanyakan selera – .

Bayan merbah merbuk dara
Terbang bebas hiasan angkasa
Jangan salah tertepuk dada
Badan terhempas mara bencana – .

Tuan puteri di atas puri
Dato hulubalang di atas padang
Bila dinasihati dengar-dengari
Bila bertepuk pandang-pandang – .

Buah semangka, buah duren.
Nggak nyangka, gue keren. – .

Buah semangka buah manggis,
gak nyangka gue manis.
Ada gula, ada semut,
iihh gila, gue imut!!! – .

Di sini bingung, di sana linglung.
Emangnya enak, enggak nyambung. – .

Buah semangka berdaun sirih,
buah ajaib kali yah..?? – .

Buah mangga rasanya manis
dibungkus rapat didalam peti
Sayang walau wajah nya artis
tapi gayanya macam hellokitty – .

Muter-muter cari jodoh,
sudah berkumis kepala petak.
Binatang apa paling bodoh,
kalu bukan kebu geger otak. – .

Buah semangka campur belek
Gak nyangka gue jelek.. – .

Burung gelatik diatas kepompong
Kamu cantik giginya ompong.. – .

Di sini jualan genteng
Di sana jualan sekoteng
Banyak orang ngaku ganteng
Padahal bopung!! – .

Oh bulan kemana bintang
Atas pucuk kayu ara
Oh tuan kemana hilang
Dalam bilik anak dara – .

Atas pucuk kayu ara
Lebat daunnya pokoknya rindang
Hilang kedalam bilik nak dara
Cuma meminta rokok sebatang – .

Nyari monyet buat makan kutu
jangan lupa bawa palu
sekali lg lo bilang pantun lucu gak lucu
gw tabok pala lu – .

Ditabur penawar merubah nasib
Nasib baik bukan sebarang
Tafakur elang membaca ratib
Melihat sitikus mengasah parang – .

Tumbuh kearah kolam telaga
Telaga mencuci badan yang melekit
Walaupun marah tersenyum juga
Tangan ketam cubitnya sakit – .

Ambilkan bilah pokok sena pj
Jadikan lata tempat berhandai
Andaikan gajah korek telinga
Giliran buaya hajat berinai – .

Tanam pete dipinggir kali,
petenya lari ga tau diri.
Jangan misscall aja kalau berani,
telpon gue kalau punya nyali. – .

Ikan sepat ikan bada
ikan keli di dalam rawa..
bnyak wanita bilang laki2 buaya
tapi dia tak sadar kalau buaya ada yg betina…. – .

Janda berhias merambah karang
Sirih kuning disangka serai
Melihat tikus mengasah parang
Datang kucing meminta damai – .

Hari minggu sudahlah siang
Setelah siang menuju petang
Ditunggu tunggu gak juga datang
Sekali datang kok nagih utang – .

Jadikan lata tempat berhandai
Terbang sekawan burung belibis
Giliran buaya hajat berinai
Pipit pula membilang tasbih – .

Paling seger minum limau,
campur madu tambah nikmat.
Ayam berani sama harimau,
itu ayam super nekad. – .
Contoh Pantun Lucu

pantun lucu

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.
Berat elu yang mikul, ringan gue yang jinjing. – .

Memasak ikan di dalam peti
Paling enak di campur terasi
Gayanya aja kayak selebriti
Tapi dompetnya kagak berisi.. – .

Naik delman ke malaya
jangan lupa bawa pengukur
siapa yang tidak tertawa
lihat sibotak ingin dicukur – .

Si bopak memang sarap,
sukanya makan beras nasi,
dari jauh lo cakep,
dideketin ternyata banci.. – .

Jika sudah merasakan cinta
Hati terasa berbunga-bunga
Kalau sudah terbawa suasana
Senyum sendiri seperti orang gila 😀 – .

Masak ayam masak tumis
Iris tipis sampai habis
Selasa malam hujan gerimis
Dompet tipis semakin kritis.. – .

Beribu-ribu pedagang peyek
Hanya 1 pedagang skotang
Beribu-ribu orang yang jelek
Hanya aku yang paling ganteng.. – .

Lagi males bikin ketupat,
mending main bola sodok.
Nenek yang pandai melompat,
pasti itu nenek kodok. – .

Anak ayam turun ke bumi,
Induk ayam naik kelangit,
Anak ayam nyari kelangit,
Induk ayam nyungsep ke bumi – .

Di sana gunung di sini gunung,
di tengah-tengah bunga melati.
Saya bingung, kamu pun bingung,
kenapa ada bunga melati????? – .

Buah pisang buah tomat
disimpan didalam lumbung padi
pantas tercium bau menyengat
rupanya kau belum mandi – .

Pohon kelapa, Pohon durian,
Pohon Cemara, Pohon Palem
Pohonnya tinggi-tinggi Bo! – .

Ambil segulung rotan saga
Sudah diambil mari diurut
Duduk termenung harimau tua
Melihat kambing mencabut janggut – .

Sirih kuning disangka serai
Dijemur panas daunnya kering
Melihat kucing meminta damai
Ayam memasak pulut kuning – .
Pantun Lucu Banget

pantun lucu banget

Ikan gabus di rawa-rawa
Ikan belut nyangkut di jaring
Perutku sakit menahan tawa
Gigi palsu loncat ke piring – .

Ikan pedoh dari papua,
Belum dimakan letakkan baskom.
Bila jodoh nak kunjung bersua,
Pajang iklan di toko bagus dot com – .

Mancing di kali dapet banyak,
diambil kucing dalam tempayan.
TAHU pake huruf U jadi enak,
kalau pake huruf I jadi gak doyan. – .

Pergi ke hutan mencari jerapah
Jangan lupa bawa palu
sekali lagi lu bilang cius miapah
gue tabok pala lu – .

Anak gembala tidak berbaju
membawa senjata ketapel getah
sapi merumput anak berburu
berburu burung si burung unta – .

Jangan taKut ,
jangan kuatir
Nih kentut
bukan petir –

Mau buka Facebook
harus pakai kata sandi
Kamu bau ketek
Karena jarang mandi..

Kucing kurus mandi dipapan,
minta ikan dikasi kue cucur.
Gak salah dibilang muke jambang,
kalau cemberut tambah ancur!!! – .

Beli batik di Pekalongan
“lo cantik karena editan” – .

Makan belimbing dicampur terasi
bikin kelepon ditambah santan
wajahnya aja kayak artis televisi
tapi kelakuan seperti setan – .

Sudah diambil mari diurut
Diurut dibawah pokok sena
Melihat kambing mencabut janggut
Gajah pula mengorek telinga – .

Jalan-jalan ke pinggir empang
nemu sendok dipinggir empang
hati siapa tak bimbang
situ botak minta dikepang – .

Daun sirih daun kelor,
apa isi di balik kolor,
satu pistol dua pelor,
buah kecapi rasanya kecut,
apa isi di dalam cancut – .

Jalan-jalan ke Kota Arab
Jangan lupa membeli kitab
Cewek sekarang tidak bisa diharap
Bodi bohai betis berkurap – .

Eh ada semut,..
Berdatangan masuk kolong..
Eh ada si Imuet..
Ternyata giginya ompong – .

Baca Juga 100+ Contoh Pantun Agama dan Religi Terbijak 2017
Contoh Pantun Kocak

pantun kocak

Burung perkutut
burung kutilang
kamu kentut
nggak bilang bilang – .

Si anak bermain dalam kubangan
bersama sapi dan kambing domba
enak sungguh gembala makan
tiada diingat lumpur dimuka – .

Kalau ada sumur diladang
Bolehlah kita menggosok gigi
Kalau anda di warung padang
Bolehkah kita ditraktir lagi.. – .

Disini Gunung, Disana gunung
Banyak amat yah gunungnya…
Disini bingung, Disana linglung
Emangnya enak, engga nyambung…. – .

Gemuruh tabuh bukan kepalang
Diasah lembing berkilat-kilat
Gementar tubuh harimau belang
Nampak kambing pandai bersilat – .

Dua bibir yang berambut lagi cemberut!
Ada boboho ketemu betmen
biar maho yg penting keren – .

Pat pat ketupat,
sepiring buat bertiga.
Sepandai-pandai tupai melompat,
kagak bakal lulus S3. – .

Pak haji makan permen
Habis itu mukulin boboho
Tetep aja gan walaupun kerennn
Lo tetep Mahoo – .

Jalan jalan mampir ke pariss
Ketemu cewek e ternyata setan
Wahhh Looo…. Mirissss
Jangan bilang maho gw padhal lo juga maho kan gan – .

Ada cacing makan ikan,
abis kenyang renang ke tangki.
Pingin tau yang melelahkan?
pergi ke Bandung jalan kaki. – .

Di kutub banyak es,
di neraka banyak setan.
Baju superman bertuliskan S,
Kalau XL pasti kebesaran. – .

Hujan turun rintik-rintik
Duduk berdua diteras rumah
Ingin punya cewek cantik
Syaratnya rumah dan mobil mewah.. – .

Kalau ada sumur di ladang
boleh saya menumpang mandi
siapa yang kuat begadang
pasti payah  bangun pagi… – .

Bakar ikan pakai bambu
Bungkus ikan pakai daun pisang baru
Bukan maksud untuk mengganggu
Cuma mau bilang ko badanmu bau.. – .

Ayam bangkok dibawa atun
Tiap pagi dimandiin
Kalau iseng nyok kite bepantun
Ampe pagi ane jabanin – .

Keramas seminggu sekali,
kepala gatel banyak kutu.
Gak punya kendaraan sendiri,
NICA bonceng sekutu. – .

Pergilah mandi air setaman….
Haripun beranjak ke petang tuan…
Daki sekilo jangan di simpan…
Manalah  mau si budak lajang…. – .

Jalan-jalan bersama kakak
Ditengah jalan lihat kepompong
Aku tertawa terbahak-bahak
Melihat kucing makan kedongdong – .

Mandi berendam di dalam kolam
untuk membersihkan badan diri
Abang tak mandi dari semalam
Pantas badan bau terasi. – .

Kotoran sapi dibuat pupuk
Daki manusia aroma naga.
Kalau badan dah bau busuk
Eloklah mandi berbunga seroja – .

Bunga skuntum boleh di ikat
bunga dahlia hanya sebatang
sekali senyum aku terpikat
senyum kedua dompetku hilang – .

Api membakar ujung cerutu
membawa asap bersesak-sesak
Alangkah geli rasa hatiku
Melihat nenek bergincu dan bedak – .
Pantun Jenaka Cinta

pantun jenaka cinta


Ada hiu berantem sama badak,
I Love You mendadak.. – .

Berakit-rakit ke hulu
berenang renang ketepian
mantan udah kepenghulu
kita masih kesepian  – .

Pohon pisang daunnya layu
bisa dijadikan pupuk disawah
saat abang bilang i lap yu
ku cuma bisa bilang, cius miapah – .

Risau pakakob mengikat raga ?
Makan mangga diberi sidia ?
Kalau tak chukup sharat didada ?
Jangan chuba beristeri dua ! – .

Kalau tuan pergi kedaik
Ikatkan sampan di kuala muda
Jika puan isteri yang baik
Izinkanlah suamimu kawin dua – .

Ke Bali bertemu bayu
Sekalian membeli pernak-pernik
Kalau kamu pintar merayu
Rayulah cewe cantik – .

Elok sungguh bunga kantil
Tumbuh kearah kolam telaga
Elok sungguh berbini sungil
Walaupun marah tersenyum juga – .

Bunga kamboja si bunga kembang…
Jadi hiasan di pemakaman…
Udah mandi nih sayang…
Mari kita salam kenalan….. – .

Malam hari memasak gurita
dicampur cabe dan buah berminyak
Memang kamu cantik jelita
Sayang ketawanya kayak kuntilanak – .

Pergi ke pasar naik onta
Membeli anting intan permata
Gak peduli situ udah tua
Yang penting saling mencinta – .

Ke pasar membeli duku
duku dimakan oleh anak dara
sungguh malang nasib diriku
mencari jodoh tak kunjung bersua – .

Jalan” kerumah tatan..
rumahnya ada dipalembang..
dahh lama ga dapat kabar dari si mantan..
eh tau” dah jadi janda kembang.. – .

Berakit rakit kehulu,
berenang berenang ketepian,
gimana mau ngajak kamu ke penghulu,
kalo status aja masih temenan – .



pantun jenaka nasehat

Bunga kantil sunting di Aceh
Bunganya putih dalam cerana
Biarlah sungil hatinya kasih
Cubitnya perih saya terima – .

Tiup seruling sianak gembala
berjalan pelan buntut bergoyang
ingat pulang hari dah senja
takut ibu hatinya bimbang – .

Bunganya putih dalam cerana
Dipetik dijual didalam pekan
Sementelah cubitan tuan terima
Hatinya jangan tuan lukakan – .

Buat apa panen kelapa
Kalau belum tumbuh tunas
Buat apa membeli vespa
Cicilan kompor saja belum lunas – .

Bentan Telani diberi nama
Lagunya indah menawan merayu
Jangan hatinya diberi luka
Nantinya hilang kawan beradu – .

Pisang nangka buat kolak
Jambu biji di blenderin
Kalo nona tetap galak
lebaran depan ga dimaafin..

Baca koran sambil bergolek
Rambut panjang di potong pendek
Kalau kamu merasa jelek
Jangan sukalah saling mengejek.. – .

Ambil sejimpit beras dan bertih
Ditabur penawar merubah nasib
Andaikan pipit membilang tasbih
Tafakur elang membaca ratib – .

Kalau ada jarum patah Jangan dimasukkan ke dalam peti
Kalau ada kataku yang salah Jangan dimasukan ke dalam hati – .

Limau purut masak di dahan
walau manis tak boleh dimakan
Biar penampilan seperti preman
Yang penting hati beriman – .

Nah, itu tadi sedikit sharing  kumpulan contoh pantun jenaka dari admin untuk kalian para pengunjung setia kami. Pantun mana yang menurut kalian paling berkesan dan paling nempel dihati? Silahkan berikan komentarmu. Semoga bermanfaat bagi kalian para pembaca. Dukungan kalian sangat berpengaruh dalam kemajuan website ini.

Penelusuran yang terkait dengan contoh pantun jenaka

  • contoh pantun jenaka dan maknanya
  • sebutkan contoh pantun jenaka
  • contoh pantun nasehat
  • contoh pantun nasehat dan jenaka
  • contoh pantun jenaka lucu sekali
  • contoh pantun jenaka 1 bait
  • contoh pantun teka teki
  • contoh pantun agama

Related Posts

100+ Kumpulan Contoh Pantun Jenaka Lucu & Gokil Terbaru 2019
4/ 5
Oleh